SMA Negeri 4 Manado Jadi Tuan ” Rumah Peradaban “


IMG_20171005_105002Manado,  Sulutlink.   Balai Arkelogi Sulawesi Utara menjadikan SMA Negeri 4 Manado sebagai tempat pelaksanaan Penyuluhan Rumah Peradaban, dipusatkan di Aula Gedung Serba Guna SMA N 4 Perkamil Manado (5/10).

Kegiatan dibuka oleh Gemmy Kawatu Kepala Dinas Pendidikan Sulut yang diwakili Arthur Tumipa,  M. Pd Kabid SMA,   didampingi Drs.  Boni Fasius Amabahkti Toy, M. Si,  Kepala Balai Arkelogi Manado,  Dr.  Lilie Noula Wuisan,  M. Pd.

Tumipa dalam sambutannya, mrnilai kegiatan ini amatlah penting dan strategis, dalam memperkenalkan secara langsung krpada siswa tentang perkembangan budaya dan peradaban Bangsa Indonesi, khususnya Sulawesi Utara.

Lanjut Tumipa,  sebelum kita mengenal lrbih jauh atau pergi kr luar negeri maka sebagai bentuk rasa Nasionalisme terhadap Bangsa Indonrsia penting ditankan melalui pengrnalan terhadap peradapan dan budaha sendiri.

Selaku Kepala Sekolah SMA N – 4 Manado, Dr.  Lilie N.  Wuisan sangat berterima kasih telah memilih SMA N-4 sebagi tempat Prnuulihan Rumah Peradaban.

Kegiatan ini memberi kesempatan kepada siswa untuk melihat secara langsung benda-benda purbakala yang menunjukkan peradaban dari nene moyang dahulu.  Juga terpenting boleh bertemu langsung dengan para ahli purbakala yang sangat terkait dengan pelajaran sejarah.

Drs.  Boni Toy, M, Si menjelaskan, pihak Balai Arkelogi Manado merancang kegiatan ” Archeologi Goes To Scholl 2017 ” dengan tujuan lebih mendekatkan diri pada guru-guru sejarah dan Siswa yang belajar tentang sejarah. Diharapkan ada ketertarikan siswa untuk menekuni bidang ilmu ini dimas datang..

Kegiatan seupa pernah dilaksanakan di SMA Negeri 7  Manado beberapa hari lalu yang diikuti utusan  SMA / SMK sekitar. Kemudian hari ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Manado dengan jumlah 100 peserta dari perwakilan 13 sekolah SMA / SMK sekitar.( jansen)

You must be logged in to post a comment Login