SOSIALISASI AKREDITASI DINAS PENDIDIKAN MITRA SD SMP SUKSES DI GELAR

Mitra, Sulutlink.com – Dinas Pendidikan Minahasa Tenggara (Mitra), menggelar sosialisasi akreditas Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama Tahun 2019. Kegiatan dipusatkan di Resto Tombatu, Jumat (5/4/2019).

Dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Mitra Djelly Waruis, sosialisasi akreditasi merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan. Pentingnya akreditasi sekolah, kata Waruis, maka dibutuhkan sinergitas antara kepala sekolah (Kepsek) dan para guru. Demikian pula akreditasi bukan semata mata predikat sekolah, melainkan terjiwai bahwasannya sekolah dan tenaga guru di dalamnya benar-benar memberikan pelayanan publik makasimal. “Supaya masyarakat percaya bahwa mereka menyekolahkan anak-anak atau menitipkan anak di lembaga satuan pendidikan yang bermutu,” terang Waruis.

Waruis pun mengingatkan ke satuan pendidikan di Mitra supaya tidak kalah dengan kabupaten dan kota lain di Sulawesi Utara. Menurutnya, slogan Mitra hebat bukan hanya di bidang pembangunan, melainkan di bidang pendidikan yang mutunya terjamin. “Memang tidak mudah mewujudkan pendidikan bermutu, namun akan mudah apabila kita kompak saling memberi semangat. Kita harus menjadi yang terdepan. Mengelola pendidikan adalah tugas yang sangat mulia. Tapi apabila kita tidak siap menjamin mutu, maka akan menghasilkan pendidikan yang tidak berkualitas. Upaya mewujudkan pendidikan bermutu sangay penting. Apalagi 20 persen APBN dianggarkan untuk pendidikan,” ujar Waruis membuka kegiatan sosialisasi.

Pantauan media ini, sosialisasi akreditasi kepada satuan pendidikan diikuti 81 kepala sekolah SD dan SMP dan 81 operator sekolah yang menghadirkan perwakilan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Sulawesi Utara melalui Sekretaris Dra Donald Rundingan dan Anggota Dra Martha Watania. Adapun materi yang dibahas mengenai kebijakan dan program akreditasi, pos akreditasi Tahun 2019, perangkat akreditasi SD, perangkat akreditasi SMP dan panduan Sistem Pendidikan Nasional 2019.

(Rusli.m)

You must be logged in to post a comment Login