Suara Missionary Yang Terbunuh Terdengar di Pineleng, Sumanti Bidani Kelahiran Warembungan

Pineleng, Sulutlink.com – “Setiap Perjalananmu, Adakah Yesus di sana? Salib Yesus….Yakinlah Yesus di Sana….”, demikian suara dari Mendiang Berny Kunu yang terbunuh dalam pekerjaan pelayanan sosial kemasyarakatan dan penginjilan sebagai Missionary, di Tanah Papua beberapa waktu silam, terdengar lagi di Pineleng Minahasa, Sulawesi Utara pada Minggu (27/1-2018) siang.

Suara itu mengalun dan membuat mata Ibunda Berny Ny. Ache Kunu-Tuamulya dan banyak umat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jemaat Pineleng berkaca-kaca. Lagu itu bersanding dengan Foto-Foto sejarah berdirinya GMAHK Jemaat Pineleng, dalam rangkaian Ibadah Syukur Peringatan 50 Tahun diorganisir, sejak 25 Januari 1969, pentahbisan Gedung Gereja baru pada Februari 2015 dan melahirkan GMAHK Jemaat Warembungan yang diorganisir pada Januari 2019 ini menjadi GMAHK Ke-124 di Konferens Manado dan Provinsi Maluku Utara.

Iya, Peringatan Golden Anniversary GMAHK Jemaat Pineleng memilih tema ‘Berdamai Menuju Perubahan, Roma 12:2’. Ketua GMAHK Konferens Manado & Prov. Malut Pdt. Ronald Rantung, M.Min dalam amanat Ibadah Syukur 50 Tahun menyatakan bahwa banyak berkat dialami bukan karena kuat dan gagah tapi oleh Roh Tuhan. Ia berharap  tidak terjadi perselisihan di sidang tetapi selalu ada kedamaian, yang menjadi kebanggaan dalam penginjilan.

Senada dengan Rantung, Sekretaris GMAHK Konferens Manado dan Prov. Maluku Utara Pdt. Ritus Keni, S.Th dalam sambutan mewakili organisasi juga berharap umat di GMAHK Jemaat Pineleng terus menjadi alat Tuhan. “Lama bergumul, di usia menopause justru melahirkan anak Warembungan. Teruslah menjadi mercusuar”, kata Keni. “Kiranya semua termotivasi untuk semangat dalam penginjilan (seperti Missionary Berny)”, tambah pria low profile itu.

Ketua Panitia Pelaksana Ibadah Syukur 50 Tahun GMAHK Jemaat Pineleng Ir. Ramon Paulus juga mengaku bahwa bersama GMAHK Jemaat Pineleng banyak berkat yang dialami. “Ini perjalanan iman selama 50 Tahun. Waktu yang panjang, penuh tantangan namun penuh berkat”, tutur suami dari Ny. Wilda Paulus Assa ini penuh semangat sambil tersenyum.

“Ini semua berkat Tuhan yang sesuai dengan Visi Gereja Advent Sedunia untuk pemulihan seluruh ciptaan-Nya. Kami berupaya Menguatkan Iman bahkan melatih kepribadian umat”, ungkap bidan lahirnya GMAHK Jemaat Warembungan yang juga adalah Gembala GMAHK Jemaat Pineleng Pdt. Danny Sumanti. Pelayanan Sumanti disupport penuh Ny. Joys Sumanti-Palit, S.Pd. Tampak hadir juga Direktur SS/PP GMAHK Konferens Manado & Prov. Maluku Pdt. Ronny Neman, M.Th, Pdt. Relly Arce Ngeloh (Prisma Ministry Indonesia) dan Jeinner J. Rawung (BAT/Psikologi Brilliant Indonesia).

You must be logged in to post a comment Login