Sulawesi Utara Menatap 55 Tahun, Masih Banyak PR Menghadang

Catatan Kecil : Taufik M Tumbelaka

Sulawesi Utara (Sulut) lahir berdasar UU Nomor 13 tahun 1964 melalui upaya dari para Tokoh guna meraih kemajuan daerah. Fakta sudah banyak capaian yang tergapai dalam perjalanan 54 tahun. Namun bukan masalah capaian selama ini, namun masalah yang muncul bagaimana Sulut menatap 55 tahun dan seterusnya karena akan semakin berat dan beragam tantangan serta ekspektasi masyarakat semakin tinggi, ini menunjukan perlu komitmen besar dari semua pihak terlebih khusus dari OD-SK dan jajaran Pemprop Sulut menjawab tantangan kedepan.
Fakta kinerja pemerintahan belum sesuai harapan, ini tergambar dari derap pembangunan yang diharapankan Duet Pemimpin Sulut OD-SK masih jauh dari istilah sinkron. Terasa tidak sedikit para Pejabat masih terjebak zona nyaman masa lalu, masa 2,5 tahun yang sejogyanya telah cukup untuk tidak lagi tergagap dengan ide / gagasan Pemimpin.

Para Pejabat di jajajran Pemprop Sulut perlu menyadari makna dari peningkatan kapasitas, sehingga dapat memenuhi harapan Pemimpin. Pola pikir bekerja atau melaksanakan tugas berbasis kinerja harus dimaknai dengan hasil/ capaian yang tidak sekedar standart umum yang biasa-biasa saja tapi perlu dimaknai sebagai berbasis prestasi. Perlu menimbulkan rasa memiliki yang kuat terhadap daerah Sulut yang dibanggakan dimana dari sana akan menimbulkan rasa tanggung jawab terhadap capaian pembangunan yang gemilang yang semua bermuara untuk rakyat Sulut.

Tujuan dan upaya dari Duet OD-SK telah jelas, sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) telah terinventarisasai dan teriidentifikasi terutama masalah kinerja dari sejumlah Pejabat dijajaran Pemprop Sulut. Jika melihat hal ini maka disadari Sulut dalam menatap 55 tahun dan tahun-tahun kedepan masih menyimpan sejumlah PR penting. Khusus untuk kinerja nampaknya Duet OD-SK wajib menyadari bahwa langkah memberi toleransi terhadap kinerja sejumlah Pejabat seperti yang selama ini diambil akan berdampak negatif kepada “mimpi indah” OD-SK. Jika kebijakan memberi toleransi ini terus dilakukan, maka reputasi OD-SK yang akan dipertaruhkan. Dirgahayu Sulawesi Utara.

(ONAl GAMPU)

You must be logged in to post a comment Login