SULUT DORONG PENINGKATAN EKSPOR KE TIMUR TENGAH

Manado, Sulutlink.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendorong pengekspor di daerah tersebut untuk meningkatkan kinerja ekspor ke berbagai negara di Timur Tengah.

“Potensi ekspor di Timur Tengah sangat besar, sehingga harus dimanfaatkan oleh pengekspor di Sulut,” kata Kepala Bidang perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Darwin Muksin di Manado, Senin.

Dia mengatakan sebagian besar negara di Timur Tengah melirik komoditi turunan kelapa seperti tepung kelapa.

“Namun, inovasi harus terus dikembangkan sehingga makin banyak produk unggulan Sulut yang diekspor ke Timur Tengah,” katanya.

Dia mengatakan, Timur Tengah merupakan pasar potensial berbagai komoditas ekspor Sulut sehingga tahun ini akan terus didorong untuk meningkatkan dan mencapai target sebesar 300 persen sejak lima tahun lalu sampai tahun ini.

Negara-negara yang nantinya akan menjadi target ekspor ke Timur Tengah yakni seperti Bahrain, Siprus, Mesir, Turki, Iran (Persia), Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Lebanon, Oman, Qatar, Arab Saudi, Suriah, Uni Emirat Arab, Yaman dan Palestina.

Dari negara-negara tersebut, katanya, sudah ada beberapa yang menjadi tujuan ekspor komoditas Sulut yakni Israel, Arab Saudi, Suriah, Uni Emirat Arab, Yaman serta Turki.

“Dan yang lainnya akan diupayakan Sulut mampu ekspansi di tahun ini,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Sulut menargetkan kinerja ekspor daerah itu akan tumbuh signifikan jika memanfaatkan pasar tersebut.

“Jadi setiap tahun ekspor Sulut harus tumbuh secara berkualitas,” katanya.

Dia mengatakan target ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang juga menargetkan pertumbuhan ekspor yang cukup signifikan, sehingga di daerah juga harus mencapai target tersebut.

“Kita optimistis target tersebut akan tercapai dengan saling bersinerginya semua instansi di daerah,” jelasnya. (ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login