Sulut Tetap Ekspor Tepung Kelapa ke China

Manado, Sulutlink.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tetap melakukan ekspor tepung kelapa ke China meskipun di tengah penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 .

“Permintaan tepung kelapa dari China terus berdatangan, sehingga pada triwulan I tahun 2020, telah diekspor sebanyak 468,88 ton dan mampu menghasilkan devisa sebesar 571.610 juta dolar AS,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Edwin Kindangen di Manado, Sabtu.

Edwin mengatakan ekspor tepung kelapa ke berbagai negara terus terjadi, khususnya China karena merupakan produk pangan yang harus dipenuhi.

“Karena produk pangan, sehingga mau tidak mau harus dipenuhi oleh buyers dari China, untuk kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Sulut tetap mengekspor tepung kelapa ke dua kota di China yakni langsung ke Kota Fujian dan Xiamen.

Dia mengatakan pemerintah berharap petani dan pengekspor terus meningkatkan kualitas produknya.

Pemerintah akan terus mencari pasar baru sehingga tepung kelapa Sulut akan merambah pasar Asia, Eropa, Amerika dan Afrika.

Untuk masuk di pasar internasional tidak mudah karena banyak persyaratan yang perlu dipenuhi.

“Melihat minat pembeli dari China yang cukup tinggi ini, harus dimanfaatkan dengan baik oleh petani dan pengekspor Sulut,” ujarnya.

Harus diakui, lanjut dia, pasar tepung kelapa Sulut ke mancanegara cukup besar dan Eropa paling sering membeli tepung kelapa asal Sulut dibandingkan negara lain di Asia, Amerika, dan Afrika.

Oleh karena itu, kualitas dan kuantitas produk harus dijaga dengan baik, jangan sampai mengecewakan pembeli.

“Karena untuk mendapatkan satu pembeli internasional butuh waktu yang cukup lama,” katanya.

Fujian adalah salah satu provinsi di pesisir selatan Republik Rakyat Tiongkok. Fujian berbatasan dengan Zhejiang di utara, Jiangxi di barat, dan Guangdong di barat daya. Taiwan berada di sebelah timur, di seberang Selat Taiwan. Nama “Fujian” berasal dari gabungan nama Fuzhou dan Jian’ou, dua kota di Fujian.

Sedangkan Xiamen secara historis dikenal juga sebagai Amoy, adalah sebuah kota utama di bagian tenggara pantai pesisir Republik Rakyat Tiongkok dan menghadap Selat Taiwan. (ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login