Taman Laut Bunaken Jadi Primadona di Negeri Paman Sam

MANADO,SULUTLINK- Tim Pemerintah kota Manado yang terdiri dari Asisten II Hendrik Waroka, Kepala Dinas Pariwisata Linda Pelealu dan Abdiel, salah satu Kabid di Dinas Pariwisata serta Grace Tielman dari Manado Toursm Board (MTB), diundang pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI untuk ikut dalam utusan mewakili Indonesia di pameran DEMA (The Diving Equipment and Marketing Association) Show yang berlangsung di Orlando, Amerika Serikat baru-baru ini.

Kesempatan ini pun dimanfaatkan Tim Pemkot untuk mempromosikan obyek wisata Taman Nasional Bunaken yang merupakan diving destination (destinasi menyelam, red) terbaik di dunia di Paviliun Kemenpar.

Tampak sejumlah pengunjung terlihat antusias melihat keindahan alam Bunaken. Bahkan ada diantara mereka yang justru mengungkapkan kekaguman terhadap keindahan obyek wisata yang menjadi icon Pariwisata Sulut ini. Apalagi Bunaken menjadi sport diving yang paling mudah dijangkau di dunia. Sebaliknya Tim Pemkot ikut memberikan syal batik kepada pengunjung yang datang dan terlihat sangat ramah memberikan penjelasan terkait obyek wisata yang dipromosikan di Paviliun Kemenpar tersebut.

“Kami mempromosikan obyek wisata di kota Manado khususnya Taman Nasional Bunaken karena sudah menjadi icon Pariwisata Sulut dan sudah mendunia. Dan antusias para pengunjung sangat tinggi. Tak hanya yang belum pernah mengunjungi obyek wisata tersebut, para pengunjung yang mengaku pernah datang ke Bunaken pun sangat berhasrat ingin kembali berkunjung ke Bunaken. Ini tentu modal berharga bagi kota Manado,” ujar Grace.

Namun demikian, dirinya mengaku masih ada satu persoalan yang mengganjal terkait Taman Laut Bunaken tersebut. Di mana obyek wisata ini masih dikelolah secara kolaboratif oleh Dewan Pengeloaan Taman Nasional Bunaken (DPTNB).

“Masalah ini juga sempat saya sampaikan ke Kemenpar saat mereka melakukan kegiatan Forum Group Discusion tentang Penyusunan strategi destinasi branding pariwisata khusus di kota Manado usai kembali dari kegiatan pameran di Amerika Serikat. Kita berharap ke depan pengelolaan Taman Laut Bunaken diserahkan ke Pemerintah Daerah,” pungkas Ketua PKB Manado ini (Onal Gampu)

You must be logged in to post a comment Login