Taufik Tumbelaka : Opa Marcus Tumbol Layak Disebut Tokoh Pendidikan Sulut

Minut,Sulutlink.com – Nama opa Drs. Marcus De Jonge Tumbol, semakin mencuat dan mendapat perhatian dari sejumlah kalangan birokrat, politisi dan praktisi di Sulut, karena dinilai layak ditokohkan sebagai salah satu figur tokoh pendidikan di Sulawesi Utara.

Taufik Tumbelaka pengamat politik dan pemerintahan saat dimintai konfirmasi menilai, masyarakat Sulut kurang menggali sejumlah figur yang dapat ditokohkan menjadi panutan dan contoh.

Menurutnya, coba lihat di tanah Jawa, mereka bisa menggali potensi masa lalu yang adalah bagian dari sejarah dan didalamnya ada figur – figur yang berperan dalam sejarah. Dan opa Marcus Tumbol, termasuk salah satu pelaku sejarah yang banyak berperan mengembangkan dunia pendidikan di Sulut,”ujar Tumbelaka.

Dia juga menambahkan, walaupun opa Marcus Tumbol yang sebentar lagi akan memasuki usia 84 tahun, namun masih sehat fisik dan berpikirnya pun penuh dengan nasihat – nasihat yang dibutuhkan saat ini.

“Contoh tadi beliau bilang, kalau orang Minahasa tempo dulu, apabila saat menghadapi masalah, perselisihan atau pertikaian dan apabila telah berjabat tangan, maka urusannya telah diselesaikan dengan baik. Karena mereka sungguh – sungguh melakukan jabat tangan dan bukan basa basi,”ucap pemilik Tumbelaka akademik.

Ditegaskannya, sekarang ini orang Minahasa walaupun telah berjabat tangan atau berpelukan namun tidak tulus dalam menyelesaikan masalah, perselisihan atau pertikaian. (JoTam)

You must be logged in to post a comment Login