Tim Terbaik Akhirnya Tampil Sebagai Juara Babak Penyisihan Mixed Team

Oleh : Bert Toar Polii
Tim terbaik Gabungan Bridge Jakarta Utara (GBJU) Mixed akhirnya tampil sebagai juara babak penyisihan Mixed Team Kejurnas Antar Kabupaten/Kota setelah menyelesaikan 9 babak Swiss.
Tim yang diperkuat anggota tim nasional mixed, Lusje Bojoh/Taufik Asbi dan Conny F Sumampouw yang biasanya bermain sama Denny Sakul di tim nasional kini berpasangan dengan Jimmy Bojoh serta Tetty Sianipar yang bermain dengan Leslie Gontha.
Sempat tertatih-tatih karena di session pertama kali dari Kabupaten Minahasa akhirnya mampu meraih puncak walaupun pada session terakhir kalah dari Kabupaten Berau.
Sebagai juara Gabungan Bridge Jakarta Utara mengumpulkan 112.9 VP dan otomatis mendapat kesempatan memilih peringkat 3 Minahasa dan peringkat 4 Berau. Memang sulit memilih karena kedua tim ini sempat mengalahkan mereka. Minahasa menang 19.69 – 1.31 VP sedangkan Berau menang 13.75 – 6.25 VP.
Taufik Asbi sebagai Kapten Tim GBJU akhirnya menetapkan pilihan memilih Minahasa.
Ditempat kedua muncul Kota Manado yang mengumpulkan 109 VP. Kota Manado diperkuat pasangan peraih medali emas PON dan timnas Asian Games 2018 Vita Lasut / Bill Mondigir , pasangan suami isteri Tracy Polii/ Bert Toar Polii juara nasional pasangan campuran 202 dan , Putri Pomantouw , Thea Mangundap yang berpasangan dengan Cliff Tangkuman, Franky Umboh.
Karena GBJU memilih Minahasa sebagai lawannya di semi final maka otomatis Manado akan berhadapan dengan Berau. Manado mendapat keunggulan carry over karena mengalahkan Berau di babak penyisihan dengan 15 imp atau 8.5 imp. Tapi sesuai dengan aturan maka hanya mendapat 8 imp karena jumlah papan yang dimainkan di babak penyisihan 16 papan. Atau dengan kata lain carry over maksimum setengah dari jumlah papan yang dimainkan di babak penyisihan.
Dengan demikian untuk GBJU vs Minahasa, Minahasa mendapat carry-over 8 imp.
Kabupaten Minahasa membuat kejutan dan terus memimpin di tempat teratas sampai session kelima akhirnya harus puas berada di peringkat 3.
Bermaterikan para pemain Mareska M Angkouw, Gladies Yunita Mandang, Muslah J Paransa, Jani Julius Fehr, Youke Mandang dan Denny Desmon Angkouw berhasil mengumpulkan 107.4 VP.
Pertarungan memperebutkan tempat keempat berlangsung sengit karena ada beberapa tim yang berpeluang. Berau sebenarnya kurang diperhitungkan karena harus berhadapan dengan tim kuat GBJU.
Namun ternyata tim Berau yang diperkuat Yusfiq Rafiqi, Catrine Beatrix Tahya, Mohammad Amintadaya, Nur Asikin, Jezzica Zhaza Audiary Tahya dan Donny Louduard mampu tampil tanpa beban dan mengalahkan GBJU.
Berkat kemenangan ini mereka bertahan diperingkat empat dengan 103.9 VP hanya terpaut 0.1 V dari Landak yang mengumpulkan 103.8 VP.
Namun Landak, Palembang, Bandung Barat dan Grobogan untuk tahun depan bertahan di kelas A. Selanjutnya nanti tahun 2021 akan dibagi 2 kelas A dengan peserta 8 tim dan kelas B bebas. Selanjutnya akan ada promosi dan degradasi.
Pertandingan babak semi final akan berlangsung mulai besok memainkan 4 segmen @16 papan dan akan berakhir tanggal 16 Agustus 2020.
Bagi peserta yang tidak lolos dapat mengikuti consolation yang sudah berlangsung mulai hari ini. Bagi tim mixed yang baru bergabung besok akan mendapatkan 12 VP.

You must be logged in to post a comment Login