Timnas Senior Menuju Hongkong & Liupanshui

Oleh : Bert Toar Polii
Dalam rangka persiapan menghadapi The 44th World Bridge Team Championship 2019 di Wuhan China yang akan berlangsung pada tanggal 14-28 September 2019, timnas senior Indonesia akan berlaga di The Inter-City Bridge Championships 2019 di the Crowne Plaza Hong Kong Kowloon East pada tanggal 17- 21 Juli 2019.
Timnas Senior yang dimotori Michael Bambang Hartono, Tan Udjan Sugiarto, Henky Lasut, Eddy Manoppo, M. Apin Nurhalim serta Bert Toar Polii yang bertindak sebagai kapten tim akan mengawali try-out mereka pada event yang semakin tahun semakin keras persaingannya.
The Inter-City Bridge Championships 2019 tahun ini akan diikuti 42 tim dari China, Jepang, Korea, India, Singapura serta beberapa tim yang merupakan gabungan dari beberapa Negara serta tentu saja tuan rumah Hongkong dan Indonesia.
Pertandingan diawali dengan babak penyisihan dengan bertanding sistim Swiss 15 session @10 papan. Selanjutnya 8 peringkat terbaik akan lolos ke babak knock-out.
Jadwal pertandingan di Hongkong ini memang unik sehingga dikejar banyak pemain yang maniak bermain bridge. Turnamen utama berlangsung pagi sampai sore dan malamnya diadakan turnamen terbuka setiap hari dengan jenis pertandingan berbeda.
Salah satu yang cukup diminati adalah San Miguel “Happy Hour” Continuous Pairs karena ini mencampurkan permainan bridge yang serius dengan kegembiraan. Karena sponsornya menyediakan minuman gratis maka ada juga pemain yang ikut bertanding tapi diakhir pertandingan ikut “mabuk”. Namun pertandingan ini dibatasi hanya boleh diikuti pemain yang sudah berusia diatas 18 tahun.
Indonesia memang sering memanfaatkan event ini sebagai ajang try-out sehingga banyak pemain Indonesia yang telah mengikuti event ini.
Penulis sendiri pernah menjuarai event ini diawal tahun 80an ketika terjadi All Indonesian Final. Tim penulis terdiri dari Frans Waleleng, Jasin Widjaya, Munawar Sawiruddin dan Memed Hendrawan yang sudah almarhum melawan tim favorit waktu itu Henky Lasut/Eddy Manoppo dan Ferdy Waluyan/Denny Sacul.
Turnamen ini sangat mengesankan penulis selain karena pertama kali juara di luar negeri juga sempat deg-degan karena harus berangkat sendiri tidak bersama rombongan karena urusan paspor yang belum beres.

Selanjutnya setelah selesai di Hongkong, timnas senior akan mengikuti Liangdu Cup Bridge Tournament yang akan berlangsung di kota Liupanshui, China.
Turnamen yang bertajuk The fifteenth cool capital. Liupanshui Bridge Invitational Tournament and the 4th International Bridge Invitational Tournament akan diikuti 66 tim. Peserta dari luar selain Indonesia ada dari Afrika Selatan, Australia, Makau, korea serta 1 tim gabungan dari dua Negara dan diberi nama internasional.
Turnamen yang diadakan di Liupanshui Ailan International Hotel akan dimulai tanggal 23 juli dan berakhir tanggal 27 Juli.
Sistim pertandingan hamper sama dengan Intercity Hongkong tapi babak penyisihan hanya memainkan sistim Swiss 13 session @8 board. Namun yang lolos ke babak knock out 16 tim terbaik. Tim akan berangkat hari Selasa tanggal 16 juli 2019.

You must be logged in to post a comment Login