TNI-POLRI DI SULUT PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

Manado, Sulutlink.com – TNI dan Polri di Sulawesi Utara (Sulut) memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-91 tahun 2019, di Manado, Senin.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kodam XIII Merdeka dipimpin Irdam XIII Merdeka Kolonel Inf Setyo Budi Rahardjo, sementara di Polda Sulut dipimpin Wakapolda Brigjen Pol Alex Mandalika.

Menpora Zainudin Amali dalam sambutan tertulisnya dibacakan Irdam XIII Merdeka Kolonel Inf Setyo Budi Raharjo, mengatakan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu kita maju”.

“Tema ini menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada Tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda,” katanya

Ia mengatakan seiring pesatnya perkembangan, teknologi informasi ibarat dua mata pisau.

Satu sisi ia dapat memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Akan tetapi bahwa efek negatif dari perkembangan teknologi sulit dibendung apabila pemuda tidak mempunyai filter dalam menanggapi setiap perkembangan.

“Perkembangan teknologi saat ini juga mempunyai dampak negatif, informasi informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya, apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” kata Menpora.

Ia mengatakan pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik.

Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap media sosial, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama dan interaksi mereka di media sosial 24 jam.

Oleh karena itu peran pemuda di harapkan dapat bersaing ilmu pengetahuan dan teknologi dalam hal positif.

“Di sinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia,” katanya.

Sementara itu Wakapolda Sulut Brigjen Pol Alex Mandalika mengatakan semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat Bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-91, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” katanya. (ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login