Tujuh Ribuan Nelayan di Mitra Belum Kantongi Kartu Anggota

Mitra,Sulutlink.com-Saat ini diwilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terdapat sebanyak 8.800 orang nelayan, namun dari total jumlah itu hanya sebanyak 1.680 orang yang teregistasi di Dinas Kelautan Kabupaten Mitra dan memiliki aplikasi kartu nelayan.

“Hingga saat nelayan masih ada sekira 7.120 nelayan yang sama sekali belum terdaftar pada data base aplikasi Kartu Nelayan,” ujar Kadis Kelautan dan Perikanan Vecky Monigir kepada Sulutlink.com, kamis (25/01/2018).

Menurut Monigir, bagi nelayan yang belum terdaftar sulit untuk menerima dukungan dan bantuan fasilitas dari pemerintah.
“Karena kartu nelayan merupakan syarat utama untuk nelayan menerima bantuan, baik dari pusat, Provinsi ataupun Pemkab,” jelas Monigir sambil menegaskan
dari sebanyak 1.680 yang terdaftar belum semuanya telah memegang kartu nelayan.

Dia mengatakan saat ini masih 990 yang sudah dicetak dan didistribusikan, hal itu terkendala terkendala blanko data dan percetakan dilakukan langsung dari pusat. Namun kata dia,saat ini pihaknya akan turun melakukan pendataan kembali dan mengusahakan langsung mencetak kartu.

Dia menegaskan keputusan untuk melakukan pendataan ulang itu, disebabkan sebab ada nelayan yang telah beralih profesi dan pindah domisili dari Mitra. “Tahun ini kita akan turun lapangan melakukan pendataan ulang dalam rangka validasi data.”ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan,selama ini para pemegang kartu nelayan sudah menikmati bantuan dari pusat berupa kapal 3 unit, yakni pada 2016 kapal ukuran 35 GT diterima satu koperasi Nelayan, Kemudian 2017 untuk 2 koperasi masing-masing menerima kapal ukuran diatas 20 GT.”Adapun maksud pendataan ulang ini agar para nelayan terdata di dinas sehingga dapat kesempatan program pemberdayaan khususnya bantuan sarana yang dibutuhkan sebagai seorang nelayan.”tandas Monigir.(Rusli)

You must be logged in to post a comment Login