UC di Minahasa Utara Capai 90 Persen

Minut, Sulutlink.  Komitmen Vonny Aneke Panambunan, Bupati Minahasa Utara terhadap perlindungan kesehatan warga Minut patut diacungkan jempol.

Pasalnya hingga akhir 2017, program Universal Coverage untuk perlindungan kesehatan masyarakat Minut telah capai 90 %  dari total penduduk di Minahasa Utara.

Seperti dijelaskan dr. Rina Widayati.M.Kes selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Minut. Dimana, hingga saat ini telah 90 % penduduk Minut tercover dengan program BPJS Kesehatan.

Menurut dr. Rina, ada beberapa kategori peserta BPJS Kesehatan di Minahasa Utara, yaitu : BPJS Kesehatan Mandiri, TNI, POLRI, PNS, Tenaga Kerja, Kartu Indonesia Sehat dari Dana APBN Pusat dan Jaminan Kesehatan Daerah yang dibiayai Pemerintah Daerah Minhasa Utara.

Khusus Jamkesda yang diintegrasikan ke BPJS Kesehatan, di Minahasa Utara tercatat ada 54 Ribu peserta Jamkesda yang ditanggung lewat APBD Minahasa Utara hingga di Tahun 2018,  jelas dr. Rina, juga sebagai Direktur RSD Maria Walanda Maramis Kabupaten Minahasa Utara.

Sambil berharap akan terus bertambah kepesertaan BPJS Kesehatan hingga capai 100 % Universal Coverage di Tahun 2018. (jansen).

You must be logged in to post a comment Login