Uji coba Laboratorium COVID-19 Sulut direncanakan Rabu (29/4)

Manado, Sulutlink.com – Uji coba Laboratorium COVID-19 di Sulawesi Utara (Sulut) direncanakan pada Rabu (29/4) setelah reagen (pereaksi kimia) uji swab tiba pada Senin (27/4). 

“Kami berharap sudah punya laboratorium secara mandiri setelah reagen ekstraksinya ada,” ujar Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel di Manado, Minggu.

Sebelum ada laboratorium mandiri, Gugus Tugas mengirimkan sampel ke fasilitas jejaring Laboratorium COVID-19 yang sudah dibuka karena penerbangan ke Makassar tidak ada lagi.

Pengiriman sampel swab, lanjut dia, pada akhirnya akan dialihkan ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta.

Pada Sabtu (25/4) sudah ada sampel yang dikirimkan ke Jakarta menggunakan pesawat kargo yang memiliki rute penerbangan dari Manado.

“Sudah bekerja sama dengan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta untuk pemeriksaan sampel ke depan,” ujarnya.

Sebelumnya satu orang yang akan melakukan pengaturan dan mengetes peralatan “real time Polymerase Chain Reaction” atau PCR sudah didatangkan.

Peralatan ini, akan dimanfaatkan untuk mengoperasikan Laboratorium COVID-19 yang ada di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado.

Ketika fasilitas BTKLPP Manado sudah difungsikan, kata dia, Sulut bisa secara mandiri melakukan pemeriksaan COVID-19. (ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login