UNNES JUARA SELEKSI THE 2020 FISU WORLD UNIVERSITY CHAMPIONSHIP MIND SPORTS ONLINE

Oleh : Bert Toar Polii
Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai juara babak penyisihan akhirnya keluar sebagai juara seleksi pembentukan tim Indonesia untuk berpartisipasi pada the 2020 FISU World University Championship Mind Sports Online yang rencananya akan diadakan pada tanggal 26-30 Oktober secara online di Bridge Base Online (BBO).
Memang dari sisi materi pemain, tim UNNES pantas keluar sebagai juara karena diperkuat salah satu anggota tim nasional Girls U26, yaitu Monica Ayu Triana dan Fransisca T Martanti. Disampin mereka mantan pemain nasional U21 Elga Pinka yang berpasangan dengan salah satu pemain muda yang cukup menonjol bakatnya Stefanus Endras. Pasangan ketiga mereka juga walaupun masih belum lama menekuni bridge tape tapi sudah cukup menonjol, Dela Ayu Nobira dan Desy Noervita Rahayu.
Ditempat kedua bertengger Institut Teknologi Surabaya (ITS) yang juga dimotori pasangan putri Diana Aulia Rahma yang berpasangan dengan Azaria Elvinarosa yang baru saja meraih peringkat 4 Kejuaraan dunia Youth online kategori Girls U26.
Ditempat ketiga bertengger Universitas Airlangga yang juga dari Jawa Timur. Ketiga tim ini akan didaftarkan oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) untuk mengikuti the 2020 FISU World University Championship Mind Sports yang tadinya dijadwalkan bulan September 2020 di Bydgoszcz (Polandia) secara offline, yang terpaksa dibatalkan karena pandemic covid-19.
Selama ini ada dua event yang digelar International University Sport Federation (FISU) bekerjasama dengan World Bridge Federation (WBF), satu offline dan satu lagi online. Online pada tahun ganjil sedangkan offline pada tahun genap.
Babak final berlangsung 3 hari tanggal 18-20 September 2020 yang diikuti 7 finalis dan bermain setengah kompetisi. Seharusnya peserta babak final ada 8 tim, tapi mendadak sesaat sebelum final dimulai, STIS mengundurkan diri karena tidak mendapat rekomondasi dari kampusnya.
Hasil akhir babak final :
RANKING
RANK TEAM VPs
1 UNNES 108.58
2 ITS 77.67
3 UNAIR 77.49
4 UNIV. BRAWIJAYA 69.21
5 UGM 62.2
6 UNEJ 55.58
7 UNPAD 52.27

Karena setiap Negara boleh menyertakan 5 tim maka untuk dua tim lainnya akan ditentukan oleh PB Gabsi. Menurut Ketua Komite Bridge Online Ronny A Lontoh, awalnya direncanakan PB Gabsi yang akan membentuk dua tim yang merupakan gabungan dari pasangan-pasangan potensial dari pantauan PB Gabsi pada seleksi yang baru saja berakhir. Tapi bisa juga ditentukan peringkat 1-5 yang akan didaftarkan dan terserah mereka untuk memperkuat timnya.
Sebab sesuai aturan, tim tidak harus seluruh pemainnya dari satu universitas. Bisa gabungan dari beberapa universitas.

You must be logged in to post a comment Login