VaSung Kawal Ribuan APD Kemendikbud RI Untuk RS se Sulut

Manado, sulutlink.com
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bersama Komisi X DPR RI menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Fakultas Kedokteran Unsrat dan untuk sejumlah Rumah Sakit di Sulawesi Utara.

Bantuan tersebut merupakan hasil proses realokasi atau penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 untuk penanganan Coronavirus Disease (Covid-19), sebagaimana amanat Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan.
Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Vanda Sarundajang, VaSung, Anggota Komisi X DPR RI yang mengawal proses tersebut.
“Sesuai Instruksi Presiden maka anggaran Kemendikbud direlokasi untuk mendukung penanganan pandemi COVID-19 sekitar Rp 405 miliar. Anggaran ini salah satunya digunakan untuk membantu sejumlah Rumah Sakit / Pendidikan / Fakultas Kedokteran di Indonesia dan sejumlah RS Rujukan yang didorong oleh Komisi X DPR RI.
Jadi ada sekitar 7 Rumah Sakit di Sulawesi Utara dan Fakultas Kedokteran Unsrat, berhasil kami dorong di Kemendikbud untuk ditetapkan sebagai penerima bantuan APD melalui relokasi anggaran pada APBN Tahun 2020 ini.” jelas salah satu srikandi PDI Perjuangan Sulut, di DPR RI ini.

Lanjut Anggota DPR MPR RI 3 Periode ini mengatakan, “Kami memahami bahwa para tenaga medis, termasuk mahasiswa kedokteran, baik program sarjana, profesi, dan PPDS yg ada di rumah sakit merupakan garda terdepan yg harus juga dilindungi, dijaga kesehatan dan keselamatannya,l. Sehingga melalui Kemendikbud, kami berupaya mendorong sejumlah bantuan alat pelindung diri (APD) juga sebagai bentuk apresiasi kami serta wujud nyata gotong royong dalam menangani covid-19.” jelas VaSung.

Secara detail, Vanda merinci Bantuan APD dimaksud berjumlah total sekitar 7.549 yang terdiri dari Hazardous, Material Suit atau Baju Hazmat, sebanyak 2000 pcs, dimana 1.040 pcs utk RS dan 960 pcs untuk Fakultas Kedokteran Unsrat, sepatu booth 1.750 psg, Sarung tangan medis 2.650, Masker medis 149box dan Face Shield 1000 pcs.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak Mendikbud bersama jajarannya khususnya Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), yang sudah merealisasikan bantuan ini. Tentunya harapan kami kepada para tenaga medis, semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kapasitas serta semangat pelayanan kinerja dalam menangani Covid-19.” ujar VaSung lagi. Seraya memastikan bahwa dirinyalah yang akan berkunjung dan menyerahkan langsung bantuan dari Kementerian ini ke Rumah-rumah Sakit Rujukan Covid-19. (Harry)

You must be logged in to post a comment Login