WA Anda Diretas: Aktifkan Double Verifikasi di WA Anda

Oleh : Bert Toar Polii.
Kemarin di WA Group terutama yang asal Sulut, muncul berita “Nomor WA Hanny Pantouw diretas, Minta Pulsa sampai Kirim Video Asusila. Hal seperti ini sudah sering terjadi. Malah beberapa hari yang lalu WA isteri saya juga diretas. Agar kejadian ini tidak berulang maka WA memberikan cara untuk membuat WA anda tidak mudah diretas dengan cara double verifikasi atau verifikasi dua langkah.

Caranya seperti dibawah ini :
Menggunakan verifikasi dua langkah

Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang memberikan keamanan tambahan pada akun Anda. Ketika Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, setiap upaya untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp harus disertai dengan PIN enam digit yang Anda buat dengan menggunakan fitur ini.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp > Setelan/Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda juga memiliki opsi untuk memasukkan alamat email Anda. Alamat email ini akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi Anda tautan via email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika suatu saat Anda lupa PIN enam digit Anda, dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun Anda. Kami tidak memverifikasi alamat email ini untuk mengonfirmasikan akurat atau tidaknya. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk memberikan alamat email yang akurat sehingga akun Anda tidak akan terkunci jika Anda lupa PIN Anda.

Penting: Jika Anda menerima email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, tetapi tidak memintanya, mohon jangan mengklik tautan tersebut. Seseorang mungkin sedang mencoba untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp.

Jika verifikasi dua langkah Anda diaktifkan, nomor telepon Anda tidak akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak WhatsApp terakhir digunakan tanpa PIN Anda. Jadi, jika Anda lupa PIN Anda, tetapi sebelumnya tidak memberikan email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, Anda tidak akan diizinkan untuk memverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp. Setelah 7 hari, nomor telepon Anda akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN, tetapi Anda akan kehilangan semua pesan tertunda setelah memverifikasi ulang – pesan tersebut akan dihapus. Jika nomor Anda diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN setelah 30 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp, akun Anda akan dihapus dan akun baru akan dibuat setelah verifikasi ulang sukses dilakukan.

Catatan: Untuk membantu Anda mengingat PIN Anda, WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan PIN Anda secara berkala. Tidak ada opsi untuk menonaktifkan ini tanpa menonaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

Semoga bermanfaat.

You must be logged in to post a comment Login