Wagub Steven Kandouw Bertindak Selaku Inspektur Upacara Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019

Pemprov, Sulutlink.com – Jajaran Sekretariat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ikuti kegiatan upacara memperingati Hari Pahlawan yang dipimpin langsung Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E Kandouw sekaligus betindak sebagai inspektur upacara (Irup) Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019, bertempat di halaman Kantor Gubernur Sulut, Minggu (10/11/2019).

Dalam sambutan tertulis Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara, yang dibacakan Wagub Steven Kandouw, mengajak seluruh komponen masyarakat Sulut untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan, dan pendiri Republik Indonesia. Sebab karena perjuangan mereka, bangsa Indonesia bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

Wagub Kandouw berharap, seluruh masyarakat Sulut untuk tingkatkan kesadaran mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat, karena menurutnya, jangan membiarkan keutuhan NKRI yang sudah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.

“Jangan pasarah membiarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan membiarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,”tukas Kandouw

“Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju.

Kandouw mengemukakan saat membaca sambutan Mensos, setiap Hari Pahlawan seluruh masyarakat Indonesia diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia, ketika pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah tetap nekad melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

WAKIL GUBERNUR SULUT DRS. STEVEN O. E KANDOUW

“Peristiwa perang mengingatkan kepada kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namum memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuh-kembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia,” imbuh Kandouw

Bagi Kandouw, Peringatan Hari Pahlawan diharapkan masyarakat Sulut sejatinya lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar.

“Selain itu Peringatan Hari Pahlawan terkandung makna bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 Aku Pahlawan Masa Kini,” pungkas Kandouw

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2019 turut dihadiri Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos dan para pejabat vertikal dan ASN di Lingkup Pemprov Sulut.

redaksi2Supit November 10 2019

You must be logged in to post a comment Login