Wagub Sulut Buka Forum Koordinasi Lintas Sektor Pariwisata

Juli, diperkirakan Wisman 40 Ribu Kunjungi Sulut

Manado, Sulutlink.com. Kamis, 26 April 2018 Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara menggelar acara Forum Koordinasi Lintas Sektor Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Bapak Drs.Steven O.E. Kandouw, di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Dalam sambutannya Bapak Wagub katakan sektor pariwisata berkontribusi tinggi bagi pertumban ekonomi Sulut, pariwisata menjadi leading sector saat ini, tingkat kunjungan wisatawan asing meningkat pesat posisi sekarang 32 ribu orang diperkirakan juli bisa tembus 40 ribu wisman.

Fakta yang terjadi maskapai penerbangan asing sudah pasti masuk diantaranya bulan Juni ada penerbangan langsung dari Incheon, Korea ke Manado oleh grup Paradise Hanna Group dan bulan Oktober Air Asia akan masuk kembali dengan penerbangan Kualalumpur Manado. Sedangkan penerbangan dari Singapura Silk Air dari jumlah penerbangan 4 kali seminggu akan meningkat menjadi 5 kali seminggu di bulan Juli, dukungan juga dari penerbangan domestik yang menambah penerbangannya akan sanggup mewujudkan 150 ribu Wisman dan 2 juta Wisnu yang berkunjung di tahun ini.

Dan hal penting yang menjadi catatan adalah koordinasi antar instansi sangat diperlukan dan penertiban rental kendaraan di bandara oleh Dinas Perhubungan dan Angkasapura, pemasangan rambu berbahasa asing Inggris dan Mandarin. Rental di bandara sudah merangkap jadi tour operator dan guide. Akibatnya muncul sejumlah masalah, harga dan penanganan turis.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Utara Bapak Daniel A. Mewengkang, SE. MSi. Saat memimpin pleno dalam harmonisasi pelaksanaan pariwisata pada forum koordinasi lintas sektor pariwisata menjelaskan kegiatan disepanjang Tahun 2018 ini dan perlu perhatian khusus publikasi, sarana prasarana, beragam keluhan serta permasalahan di silar. Dan koordinasi dan permasalahan di lapangan. Setelah sesi tanya jawab Bapak Kepala Dinas Pariwisata menutup secara resmi kegiatan ini yang dihadiri oleh instansi vertikal, Provinsi Sulut dan Dinas Pariwisata se Provinsi Sulut dan para stakeholders pariwisata di Sulawesi Utara. (***/ds)

You must be logged in to post a comment Login