Wah…Korban KDRT Dilayani RSJ Ratumbuysang di Pameran Pembangunan

Manado, Sulutlink.com. Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Provinsi Sulawesi Utara ikut berperan total dalam penyelenggaraan Pameran Pembangunan yang digulir Pemprov Sulut yang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) di Kayuwatu Manado, dalam rangka HUT Prov. Sulut Ke-54.

Salah satu kegiatan unggulan yang disajikan instansi yang diarsiteki Dr. Vonny T. Dumingan, M.Kes, DK adalah ‘Pondok Curahan Hati’ dengan Pelayanan Konsultasi Gratis, Deteksi Dini Gangguan Jiwa, Pengukuran Tingkat Strees, serta Kampanye Stop Bullying, anti Narkoba dan pencegahan HIV/AIDS.

Mengejutkan, bahwa sampai siang ini (Kamis, 20/9) sudah ada 2 klien yang berkonsultasi karena menjadi Korban KDRT. Keduanya adalah siswa, yang tentunya berpengaruh bagi psikis dan pembelajaran di sekolah. Malah, satu klien mengalami gangguan penglihatan.

Jeinner J. Rawung, S.Psi, M.Pd memberikan motivasi dan tips-tips untuk menguatkan korban/klien. Kepada Sulutlink, ASN Teladan Tingkat Prov. Sulut 2016 menyebut bahwa sejatinya Negara sudah menjamin kesejahteraan Anak Bangsa, untuk tidak menjadi korban kekerasan, baik Undang-Undang (UU) RI Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlundungan Anak dan UU RI No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

“Saya sendiri mengajak semua pihak untuk peduli kaum belia, Pemuda dan Remaja. Mari bekerja sama mendesign generasi hebat ke depan, dengan cara Terus Peduli dengan Anak Bangsa. Misalnya yang paling sederhana adalah mengamati anak dan generasi muda, mulai Pola Asuh yanh mereka alami di Rumah, Pendidikan di Sekolah dan Pergaulan di Masyarakat.” Katanya.

Selain Rawung, ada Psikolog Elis Ratnawati, S.Psi, M.Si dan Psikolog Jansen Mawikere, S.Psi, M.Psi yang langsung memberikan konseling kepada Pengunjung yang membutuhkan, apalagi saat Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinkesda Sulut itu, bersiap menyukseskan World Mental Health Day (WMHD) 2018 yang memilih Tema ‘Young People & Mental Health in Changing World’. (red).

You must be logged in to post a comment Login