WALI KOTA BITUNG SERAHKAN SERTIFIKAT TANAH WARGA PULAU LEMBEH

Bitung, Sulutlink.com – Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban menyerahkan sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kecamatan Lembeh Utara dan Lembeh Selatan, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Selaku pemerintah dan masyarakat Kota Bitung memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Badan Pertanahan Kota Bitung yang telah menindak lanjuti instruksi Presiden RI, Joko Widodo untuk melaksanakan program PTSL ini, sehingga manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat,” kata Lomban di Bitung, Rabu.

Ia mengatakan hal ini tentunya menghapus stigma buruk zaman dulu, bahwa pengurusan sertifikat membutuhkan waktu yang lama dan proses yang berbelit-belit.

Penyerahan sertifikat kegiatan PTSL saat ini telah melalui semua proses dan mengacu pada semua peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI nomor 35 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

“Saya harap seluruh masyarakat Kecamatan Lembeh Utara dan Lembeh Selatan penerima PTSL untuk menggunakan sertifikat ini dengan baik dan benar agar tidak terjadi hal-hal yang nantinya dapat merugikan masyarakat sekalian,” ujar Lomban.

Kepala Badan Pertanahan Kota Bitung Hendro R Motulo mengatakan sertifikat PTSL Kecamatan Lembeh Utara berjumlah 1292 bidang, dan Kecamatan Lembeh Selatan berjumlah 988 bidang sehingga total keseluruhan 2.280 bidang.

Dijelaskan pula, yang sudah diserahkan setiap kelurahan 70 bidang di Kecamatan Lembeh Utara, dan Kecamatan Lembeh Selatan berjumlah 988 dari 6 kelurahan.

“Sedangkan dua ribu lebih, kami sedang berkoordinasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN RI untuk penyerahan selanjutnya, kemungkinan besar akan diserahkan oleh presiden, menteri atau gubernur,” katanya.

Ia mengatakan, sehingga diprediksi penyerahan seluruh sertifikat PTSL di Kota Bitung akan diserahkan secara keseluruhan dan proses penerbitan sertifikat PTSL di BPN Kota Bitung sudah 100 persen selesai.

(ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login