WALIKOTA BITUNG DORONG PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM

Manado, Sulutlink.com – Wali Kota Bitung Max Lomban mendorong upaya produktivitas pelaku usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara agar tingkat kesejahteraan dapat meningkat.

“Perbaikan ekonomi tidak mungkin terjadi begitu saja, butuh kerja keras, inovasi, kolektifitas, dan keberanian untuk membuat perbedaan kondisi koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah,” kata Wali Kota Bitung Max Lomban saat membuka Seminar CSR UMKM di Bitung, Rabu.

Lomban mengatakan saat ini UMKM menunjukkan kemajuan yang signifikan baik dari segi kelembagaan maupun tingkat produktivitas usaha.

Selain itu, tambah dia, koperasi dan UKM adalah pelaku usaha ekonomi yang memiliki posisi nyata dan vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi baik di daerah maupun secara nasional.

“Namun realita saat ini menunjukkan keadaan dimana pengembangan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah masih sangat sulit,” kata Lomban.

Oleh sebab itu, kata Lomban, pemerintah terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan program-program yang langsung menyentuh lapisan masyarakat dan menggerakkan ekonomi sektor sipil agar dapat tumbuh beragam lapangan usaha.

“Kita juga diharapkan untuk memiliki keseriusan dalam mengelola manajemen dengan baik,” ujarnya.

Lomban mengharapkan Seminar CSR UMKM yang diselenggarakan PT Indomarco Prismatama Cabang Manado dapat menciptakan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

Kegiatan ini juga dapat mendorong pertumbuhan UMKM di Kota Bitung untuk lebih giat dalam menjalankan usaha sehingga keberadaan koperasi dan UMKM di kota ini akan lebih bergairah dan semakin maju.

Turut hadir Branch Manager Indomaret Cabang Manado Untung Triharyono, Seputi Branch Manager Indomaret Cabang Manado Renaldo Tuongkesong, CSR Indomaret Bambang Trijanto, Asisten III, Kepala Perangkat Daerah, Kadis Koperasi dan UKM Kota Bitung, dan Peserta Pelatihan.

(ANT/Ryn)

You must be logged in to post a comment Login