Walikota Eman, Apresiasi Dies Natalis Seminarium Agustinianum Tomohon ke-41

Walikota Tomohon Hadiri Dies Natalis Seminarium Agustinianum Tomohon ke-41

 

Tomohon, sulutlink.com – Kegiatan Dies natalis Seminarium Agustinianum Tomohon ke-41 dan pertemuan bersama orang tua seminaris, dihadiri Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak. Kamis, (17/01/2019), bertempat di Seminarium Agustinianum Tomohon.

Adapun rangkaian acara diawali dengan Perayaan Misa yang dipimpin oleh Uskup Keuskupan Manado Yang Mulia Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSc bersama Uskup Emeritus Manado Yang Mulia Mgr. Joseph Suatan, MSc.

Walikota Tomohon Jimmy F.Eman dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Seminarium Agustinianum sudah melalui perjalanan kehidupan yang panjang dan saat ini boleh menapaki usia yang ke-41. Lanjutnya, sebagai lembaga pendidikan yang mendidik calon-calon Pastor yang Seminarisnya berasal dari berbagai latar belakang, serta adat budaya yang berbeda, pasti sudah mengalami suka duka dan pengalaman hidup yang luar biasa.

Dikatakannya, panggilan untuk menjadi seorang Pastor benar-benar merupakan anugerah kasih Allah sebagaimana dapat dibaca dalam Injil Yohanes 6:65 bahwa “tidak ada seorangpun dapat datang kepada-Ku kalau Bapa tidak mengaruniakanya kepadanya” panggilan itu suatu misteri yang sepertinya hanya dapat dimohonkan dan diusahakan oleh orang yang terpanggil itu. (Matius 22:14) “sebab banyak yang di panggil sedikit yang di pilih, harapan beliau mudah-mudahan banyak juga yang terpilih.

“Oleh sebab itu, dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya mengajak seluruh civitas akademika bersama-sama dengan seluruh orangtua Seminaris dan kita semua yang hadir untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tema Dies Natalis ini yakni Ukuran Cinta adalah Mencintai tanpa Ukuran serta juga mendoakan para Frater yang sedang berjuang meniti panggilan hidupnya serta bagi Rektor dan para Dosen agar diberikan kesehatan yang prima serta kebijaksaan yang paripurna sehingga dapat membimbing para seminaris menuju cita-cita suci mereka,” ujar Walikota Eman.

Lebih jauh dikatakannya, selaku Walikota Tomohon pihaknya berterima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk Sekolah di Kota Tomohon, dengan suasana yang tenang dan udara yang sejuk serta lingkungan yang asri diyakini bahwa mereka akan merasa betah untuk tinggal di tempat ini menimbah ilmu sebanyak-banyaknya dan membekali diri mereka untuk menjadi pewarta-pewarta injil yang tangguh dan menjadi Agustinus-agustinus muda masa kini.

” Terima kasih juga kepada Bapak Uskup yang tetap mendukung bahkan mengembangkan tempat ini sebagai tempat pembinaan para calon-calon Pastor, saya percaya semakin banyak tempat-tempat pembinaan rohani seperti ini akan semakin membuat Kota Tomohon menjadi Kota yang diberkati,”terangnya.

Diutarakannya, dipenghujung Tahun 2018 Kota Tomohon terpilih sebagai salah satu dari 10 Kota Toleran di Indonesia, prestasi ini tidak terlepas juga dari dukungan berbagai pihak khususnya para Pastor dan Umat Katolik yang ada di Kota Tomohon.

Sementara itu, Uskup Manado dalam sambutannya memuji Kota Tomohon karena didalamnya terdapat 2 Seminari Menengah.

Lanjut Uskup, Kota Tomohon merupakan Kota yang luar biasa dari segi Pendidikan, Toleransi dan Keamanan sangat baik. Semua hal tersebut tidak lepas dari peran Pemerintah yang tentu saja sangat memperhatikan hal-hal tersebut, terima kasih untuk semua yang berperan dalam perjalanan Seminari ini, terlebih kusus untuk Pemerintah Kota Tomohon.

Tampak hadir Kabag Humas & Protokol John E.S.Kapoh, SS. MSi, Rektor Seminarium Agustinianum yang juga adalah Vicarius Episcopalis Tomohon Pastor Berthy Imbar. Pr termasuk para Pastor, Frater, Bruder, Suster, Seminaris serta para Orang Tua Seminaris. (Sten’Ma)

 

You must be logged in to post a comment Login