Walikota GS Vicky Lumentut Kena Terjangan Opini Negatif

Laporan : Taufiq Tumbelaka.

Manuver politik “lompat pagar” yang dilakukan oleh GSVL yang selama ini dikenal bukan saja sebagai Walikota Manado tapi juga Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Sulawesi Utara (Sulut) membuat kehebohan politik Sulut.

Hal ini wajar karena selama ini selain GSVL dianggap mempunyai hubungan baik dengan DPP PD juga dikarenakan monuver politiknya terkesan sangat tiba-tiba seakan tidak ada tanda-tanda. Kesan tiba-tiba itu muncul sangat terasa di banyak kalangan disebabkan terjadi pada saat PD Sulut sudah melewati tahapan penempatan formasi para calon legislatif dimana terlihat jelas “barisan” termasuk pihak-pihak yang dianggap dekat dengan GSVL diinternal PD masuk guna memperkuat PD sebagai upaya meraih kesuksesan di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 yang prosesnya sudah berjalan.

Kondisi ini juga menjadi ruwet karena pada saat yang relatif sangat berdekatan beredar issue pemanggilan kepada GSVL guna dimintai keterangan oleh Kejaksaan Agung terkait suatu dugaan kasus.

Manuver pindah partai politik dikancah perpolitikan Indonesia sebagai satu pilihan politik sebenarnya suatu hal yang dianggap sah-sah saja dan juga dianggap hal biasa, namun nampaknya untuk GSVL menjadi berbeda dikarenakan posisi politiknya di Sulut dan momentumnya yang berbeda. Langkah politik GSVL dalam posisi ini menyebabkan terjadi public hearing dan public opinion ke arah negatif yang kuat.

Dalam politik jika terbentuk public opinion maka pihak yang terkena terjangan akan menghadapi kesulitan jika ingin membalikannya, butuh waktu dan strategi jitu serta tim yang cerdas membaca peta politik, ini tidak mudah bahkan bisa semakin rumit jika salah melangkah.

Opini politik negatif yang menerjang juga dikarenakan lemahnya Tim GSVL dalam melakukan langkah proaktif dan antisipatif pada saat pilihan politik akan diambil oleh GSV dan ini dapat dirasakan dari kuatnya opini negatif yang terlanjur telah diyakini oleh sejumlah kalangan.

*Hasil analisa Lembaga Studi Sosial & Politik, TUMBELAKA Academic Centre (TAC), Dir. Eks TAC, Taufik M Tumbelaka.

(ONAl GAMPU )

You must be logged in to post a comment Login