Walikota GS Vicky Lumentut Lepas Team dan Bantuan Pangan ke Palu dan Donggala

Manado,sulutlink.com- Kepedulian yang tinggi bagi korban bencana gempa bumi dan Tsunami yang terjadi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) khususnya Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala, ditunjukan pemerintah dan masyarakat Kota Manado.

Sejak Pos Komando (Posko) Peduli bencana Palu dan Donggala dibuka Pemerintah Kota (Pemkot) Manado di pendopo Kantor Walikota, arus bantuan dari berbagai kalangan di Kota Manado mulai berdatangan. Secara sukarela, baik dilingkup Pemkot Manado, organisasi kemasyarakatan, maupun kelompok masyarakat lainnya, mengumpulkan bantuan untuk meringankan beban korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala. Bahan-bahan kebutuhan pokok seperti beras, mie instan, air mineral, perlengkapan bayi sampai pakaian dan obat-obatan, dikumpulkan dan didata Pemkot Manado di Posko Peduli. Barang-barang tersebut, kemudian diangkut dengan menggunakan truck untuk diantarkan langsung ke Sulteng melalui jalur darat. Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Peter KB Assa ST MSc PhD, melepas rombongan pengantar bantuan kemanusiaan di halaman Kantor Walikota Manado, Sabtu (06/10) pagi tadi.

Selain bahan kebutuhan pokok dan obat-obatan, Pemkot Manado juga mengutus para relawan, mulai dari tenaga kesehatan, taruna siaga bencana (Tagana), Polisi Pamong Praja (Pol-PP), Dinas Perhubungan dan lainnya ke lokasi bencana di Sulteng. “Hari ini, kita kembali membawa bantuan kemanusiaan bagi saudara-saudara kita yang ada di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. Bantuan ini adalah pemberian sukarela baik dari ASN (Aparatur Sipil Negara),THL (Tenaga Harian Lepas) maupun dari masyarakat Kota Manado. Tunaikan tugas kalian dengan baik. Jaga kesehatan dan jaga diri masing-masing,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Dikatakan, bantuan yang diberikan Pemkot Manado melalui Posko Peduli yang ada di Kantor Walikota Manado dilakukan secara bertahap. Dimana, bantuan tahap pertama telah diantar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado beberapa waktu lalu pasca terjadinya bencana di Palu, Sigi dan Donggala.

“Bantuan yang kita antarkan ini adalah bantuan tahap kedua. Selanjutnya, masih ada bantuan tahap ketiga dan seterusnya. Olehnya, saya mengajak kepada kita sekalian termasuk masyarakat Kota Manado, silahkan salurkan bantuan dan kepedulian anda untuk saudara-saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala melalui Posko Peduli yang ada di Kantor Walikota. Karena, saudara-saudara kita disana masih sangat membutuhkan uluran tangan kita,” tandas orang nomor satu di Manado itu.
Dirinya berharap, selain bantuan dalam bentuk material dan tenaga sukarewan, masyarakat Kota Manado diimbau untuk mendukung dalam doa bagi korban bencana di Sulteng agar diberikan kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
“Mari kita doakan pula saudara-saudara kita disana, agar Tuhan Yang Maha Esa memberikan mereka kekuatan dalam menghadapi cobaan ini,” pungkas Walikota Vicky Lumentut.

Rombongan bantuan kemanusiaan Pemkot Manado untuk Palu, Sigi dan Donggala diikuti beberapa kepala Perangkat Daerah yang ditugaskan mengantar bantuan tersebut. Bahkan, Walikota Vicky Lumentut menitip pesan untuk Walikota Palu Hidayat. “Titip pesan saya untuk Pak Hidayat Walikota Palu, dan Wawali Palu Pasha,” pungkas Walikota Vicky Lumentut.

(Team SL/Hubmas)

You must be logged in to post a comment Login