Warga Antusias Menanti Tol Manado-Bitung Diresmikan Presiden Jokowi

Manado, Sulutlink.com – Jumat (4 Januari 2018) lalu di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, menyatakan hal yang memang dinanti oleh Warga Kota Manado dan sekitarnya, seputar diresmikannya Jalan Tol Manado Bitung oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi pada Maret 2019 mendatang. Dinanti karena akan memperpendek waktu tempuh kedua Kota Manado dan Kota Bitung, yang biasanya dilalui sekitar 1-2 Jam dan bakal menjadi lebih kurang 25-30 Menit saja. “Rencana akan mulai dioperasikannya jalan Tol Manado-Bitung pada Maret 2019 nanti.”, ujar Dondokambey sembari menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berupaya agar Jokowi meresmikan proyek tersebut. “Ada sepanjang 25 kilometer dari titik nol yang akan diresmikan Presiden”, katanya.

 

Upaya percepatan pengerjaan terus dilakukan oleh PT. Jasamarga Manado Bitung (JMB) yang adalahGroup PT. Jasa Marga (Persero), Tbk, baik di bidang konstruksi maupun pembebasan lahan proyek di empat seksi, yakni Seksi 1A dari Ring Road Manado-Sukur sepanjang 7,9 Km, kemudian Seksi 1B dari Sukur-Airmadidi sepanjang 7 Km, selanjutnya Seksi 2A dari Airmadidi-Danowudu sepanjang 11,5 Km dan Seksi 2B dari Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 Km.

 

Tol Manado-Bitung sendiri dioperasikan gratis secara fungsional pada Senin 24 Desember 2018 sampai 5 Januari 2019 lalu, demi mendukung arus lalulintas libur Natal dan Tahun Baru, di sepanjang Seksi 1B dan Seksi 2A, dari Airmadidi hingga Danowudu sepanjang 14,5 kilometer (Informasi Sulutlink.com 25 Desember 2018 ‘Tol Pertama di Sulut, Manado-Bitung, Dibuka’). “Distribusi barang dari Pelabuhan Bitung ke Manado semakin lancar dan perekonomian di kedua Kota ini pasti akan maju pesat”, tutur warga Bitung Fabiola Sekeon yang kerap pergi pulang Bitung-Manado. “Kami senang dengan infrasruktur baru ini (Jalan Tol)”, tambah warga Manado Apply Manueke kepada Sulutlink.com.

You must be logged in to post a comment Login