Warga Wanea Panen 2,2 Ton Sampah Plastik

Manado,Sulutlink.com- Dalam upaya memaksimalkan penanganan sampah plastik, pemerintah Kecamatan Wanea mewajibkan kepada seluruh kepala lingkungan untuk memilah sampah dari masyarakat.Upaya Pemerintah Kecamatan Waneapun berhasil mengumpulkan 2,2 ton sampah plastik. “Kami seperti panen sampah karena sampah plastik ini memiliki nilai ekonomis,”ucap Camat Wanea Mario Karundeng SSTP (8/2/2018).
Menurut Mario, pemilihan sampah plastik ini selain memiliki nilai ekonomis juga untuk menunjang program pemerintah Kota Manado untuk meminimalisir sampah masyarakat yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Jika 11 kecamatan di Kota Manado berhasil menjalankan program seperti ini, maka kita bisa mengurangi setiap bulannya sekitar 22 ton sampah yang masuk ke TPA,” tegas Mario.
Iapun menambahkan, dalam penangan sampah plastik di wilayah Wanea ini pihak pemerintah bekerjasama dengan Karang Taruna Tumoutou, dimana mereka menyiapkan pembeli untuk sampah-sampah plastik yang telah dikumpulkan di Bank Sampah kecamatan.

“Ini sudah menjadi program bulanan pemerintah kecamatan Wanea dan telah berjalan selama setahun,” pungkasnya seraya memberikan apresiasi kepada para kepala lingkungan di Kecamatan Wanea yang berperan aktif dalam memilah dan mengumpulkan sampah plastik di wilayah masing-masing.

(Onal Gampu)

You must be logged in to post a comment Login