Workshop Rencana SDM Kesehatan Digulir, Demi Sulut Sehat dan Hebat

Manado, Sulutlink.com – Hari ini (Rabu, 24 April 2019), adalah puncak pelaksanaan Workshop Perhitungan Rencana Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang menggunakan Aplikasi RENBUT (Rencana Kebutuhan) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Kegiatan itu digulir di Hotel Travello Manado sejak Senin (22/4).

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr. Debie K. R. Kalalo, MSc.PH, sangat mengapresiasi semua peserta, yakni 14 Dinas Kesehatan Daerah dan 13 Rumah Sakit Se-Sulut. Begitu juga Laboratorium Kesehatan Provinsi dan Klinik Pratama. Ia berharap semua peserta segera menginput perencanaan kebutuhan SDMK secepatnya karena akan disinkronkan dengan user lain, termasuk BKD Prov. Sulut. “Kita punya data masing-masing (Dinas, Rumah Sakit, Puskesmas). Dengan data itu kita boleh melihat mana yang belum ada. Karena kalau kita bisa lihat kebutuhan kita, itu yang harus kita rencanakan di Tahun mendatang”, katanya.

“Selain merencanakan, kita juga akan mengusulkan pendanaan, terkait kebutuhan yang ada. Diharapkan data itu bisa ada paling lambat Juni-Juli. Itu sudah sampai analisa beraoa kebutuhan dana yang dibutuhkan untuk perekrutan tenaga. Ini yang diperlukan. Data itu diolah, kemudian diusulkan untuk pendanaan Tahun 2020”, kata wanita bersahaja itu, didampingi Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan, Farmasi dan Alat Kesehatan Dinkesda Prov. Sulut Drs. Djonny Soebyakto Matali, Apt dan Kepala Seksi Sumberdaya Manusia Kesehatan Bidang Sumber Daya Kesehatan, Farmasi dan Alat Kesehatan Heru Pratikto, SKM.

Pelatihan yang diterima peserta termasuk penyusunan Standar Ketenagaan Minimal dan Analisa Beban Kerja (ABK). ABK akan dirinci dengan memanfaatkan waktu dalam pembuatan Dokumen, yang kemudian dimasukkan ke Dinkesda Prov. Sulut dan diteruskan ke Kemenkes RI. Dengan terpenuhinya SDM Kesehatan yang kompeten, tentu berdampak bagi Sulut Sehat dan Hebat.

Red007

You must be logged in to post a comment Login