web analytics

13 & 40 Angka Keramat Bridge


Oleh : Bert Toar Polii II
Agar bisa menjadi pemain bridge yang baik, tidak dibutuhkan otak yang jenius. Karena untuk berhasil dalam permainan bridge kita hanya cukup bisa berhitung sampai 40. Atau secara khusus 13 kartu dari setiap warna, yaitu dari 2 sampai Acw dan 40 High Card Point (HCP( dari perhitungan Ace = 4 HCP, King =3, Queen =2 dan Jack = 1.
Menghafal dan menghitung sampai 13 berguna untuk menentukan starategi dalam declarer play dan defense. Sama halnya dengan menghafal dan berhitung sampai 40.
Umumnya pemain bridge sudah melakukan ini saat bermain bridge. Namun banyak pemain yang baru melakukannya saat sudah menghadapi masalah atau sudah menjadi declarer atau defender.
Jika ingin lebih baik maka kebiasaan ini harus dirubah. Mulailah berhitung saat penawaran mulai berlangsung sehingga saat kita menjadi defender atau declarer atau pemain yang akan lead kita sudah mendapat gambaran tentang pembagian 13 kartu dan 40 HCP.
Contoh : Anda duduk sebagai selatan dan barat sebagai opener buka 1NT partner pass, timur bid 2C Stayman dimana barat bid 2H dan timurlanjutkan dengan 3C relay lagi dan barat bid 3NT. yang artinya 3433 dan timur pass.
Dari jalannya penawaran diatas, anda sudah mendapat gambaran tentang pegangan barat, yaitu 15-17 HCP dan pegang 4 kartu H dan 333. Dengan gambaran ini ketika partner lead dan dummy terbuka maka gambaran anda akan semakin jelas. Berdasarkan data diatas, sebagai defender tentu akan lebih mudah menghitung bagaimana cara terbaik defense untuk menggugurkan kontrak lawan.
Banyak hal yang mirip saat anda menjadi declarer, misalnya lawan sudah pernah pass dan ketahuan pegang 10 HCP. Tentu saja jika anda mencari Q atau K pasti kemungkinan besar tidak ditangan dia. Kecuali dia sedang mengantuk atau salah hitung kartu dan passs dengan 12 atau 13 HCP.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Sekretariat DPRD Sulut Gelar Kegiatan Sosialisasi Perda Covid dan Perda Fakir Miskin

  Setwan Glady Kawatu saat pengarahan kepada Nara Sumber dan Staf Pendamping di Ruang Rapat …