web analytics

2022 World Bridge Series 19 Agustus – 3 September di Wroclaw Polandia

Oleh : Bert Toar Polii


Sulutlink.com
– Setelah sempat dibatalkan oleh World Bridge Federation akibat konflik Rusia dan Ukraina, akhirnya 2022 World Bridge Series tetap dilaksanakan di Wroclaw Polandia pada tanggal 19 Agustus – 3 September 2022.
Keberadaan Wroclaw yang tidak terlalu jauh dari daerah konflik awalnya menjadi penyebab pembatalan. Namun setelah mendengar penjelasan dari Federasi Bridge Polandia dan pemerintah setempat akhirnya diputuskan event ini tetap berlangsung.
World Bridge Series adalah Kejuaraan Dunia 4 tahun sekali yang mempertandingkan beberapa event utama, yaitu Rosenblum Cup untuk open team, Mc Connell Cup untuk woman team, The Rand Cup untuk senior team dan The Mixed Team. Selain nomor team ada juga event utama nomor pasangan, yaitu open pairs, woman pairs, mixed pairs dan senior pairs.
Event ini dari jumlah peserta adalah terbanyak karena pesertanya tidak harus satu negara tapi boleh gabungan pemain dari negara berbeda.
Terakhir event World Bridge Series diadakan pada tahun 2018 di Orlando Amerika Serikat.
Indonesia terus berpartisipasi di event ini. Pada tahun 2018 mengirimkan Mixed Team yang terdiri dari Lusje Bojoh/Taufik Asbi dan Joice Tueje/Robert Tobing.
Prestasi terbaik diraih tahun 2014 di Sanya China dimana pasangan Henky Lasut/Eddy Manoppo keluar sebagai juara dunia pasangan senior dan meraih gelar Grandmaster Senior.
Tim putri yang terdiri dari Kristina Wahyu Murniati/Suci Amita Dewi, Lusje Bojoh/Joice Tueje dan Conny Sumampouw/Rury Andhany meraih medali perunggu. Selain itu Kristina Wahyu Murniati/Suci Amita Dewi meraih medali perunggu dari nomor pasangan putri.
Tahun 2010 di Philadelphia timnas senior dengan para pemain Henky Lasut, Eddy Manoppo, Denny Sacul, Alm. Munawar Sawiruddin serta Bambang Hartono dengan NPC Alm, Peter Tora Wang bermain atas nama Gabrial UI meraih medali perak.
Tahun 2006 di Verona Italia tim yang ikut Rustam Effendy, Alm, Donny Tuerah, Alm. Memed Hendrawan dan Bert Toar Polii.
Tahun 2002 di Montreal Kanada, Indonesia meraih prestasi tertinggi dengan meraih medali perak. Tim yang ikut : Munawar Sawiruddin (NPC) – Taufik Absi – Franky Karwur – Henky Lasut – Eddy Manoppo – Denny Sacul – Robert Parasian (Indonesia).
Indonesia termasuk rutin mengirimkan tim untuk ikut event ini karena bersifat terbuka dan siapa saja boleh ikut.
Tahun 1990 di Geneva Swiss penulis ikut dengan tim bersama Harsudi Supandi, Denny Sacul, Alm. Alexander Sondakh dan Jeldy Tontey. Selain kami ada tim dari Pattimura Hasyim Arief dan kawan-kawan.
Sayangnya akibat masih ragu dengan pandemic covid-19, nomor junior yang mulai dipertandingkan di Orlando tahun 2018 sekarang dicoret.
Waktunya juga diperpendek dari yang biasanya 17 hari, tahun ini hanya 15 hari.
Pertandingan akan diawali untuk pendaftaran pada tanggal 19 Agustus 2022 dilanjutkan untuk pertandingan Rosenblum Cup babak penyisihan pada tanggal 20-21 Agustus memainkan sistim Swiss 10 session atau bermain 5 session @10 board sehari. Untuk Mc Connell Cup berlangsung pada waktu bersamaan tapi akan bermain 3 hari babak penyisihan karena hanya 16 team yang lolos ke babak KO.
Sebanyak 32 team lolos ke babak KO. Selanjutnya ada babak penyisihan pasangan juga side event Swiss Team dan pasangan bagi yang tidak lolos ke babak lanjutan.
Pemain yang bertahan di babak KO sampai semi final tapi tidak lolos ke final langsung mendapat medali perunggu dan melalui atauran drop-in bisa main di final pasangan.
Keempat event utama ini akan berakhir tanggal 27 Agustus 2022 dan selanjutnya pada tanggal 28 Agustus dimulai Mixed Team dan Senior Team.
Nomor Mixed team sistim pertandingan sama dengan Rosenblum Cup sedangkan Senior team mengikuti Mc Connell Cup.
Hal yang sama juga dengan nomor pasangan Mixed Pairs dan Senior Pairs serta side event.

About Redaksi 2

Check Also

Fransiscus Silangen: Masuk Penyerang dalam Tim DPRD Sulut, Lawan JIPS-FORWARD ‘Friendly Game’

Turnamen Football Cup U -12 Persembahkan ‘Friendly Game’ Anggota DPRD Sulut Vs JIPS-Forward Sulutlink.com – …