web analytics

Ditemukan Kobra di Tomohon, Warga Perlu Waspada

Penemuan ular Kobra pada hari senin (23/5/2016)  di desa Pongolombian, Kecamatan Tomohon Selatan, kota Tomohon patut diwaspadai warga Minahasa Raya, pasalnya ular kobra yang popular di India dan Pakistan, bukan baru pertama kali ditemukan warga. Bulan September  2014 yang lalu Ruddy Koolang, warga Panasen, kecamatan Kakas Barat, Minahasa menemukan seekor kobra dengan panjang sekitar 2 meter di kebunnya.

Arie Najoan dari Kolongan Atas kecamatan Sonder, Minahasa mengaku beberapa tahun lalu pernah menemukan ular kobra di pinggiran sawah dekat kebun Nuai di wilayah Tounelet Sonder. Menurutnya ular itu sempat dipotong di bagian ekor namun ular itu melarikan diri ke arah sawah sambil mengangkat kepalanya yang berbentuk seperti sendok. Arie dan anaknya kemudian mengambil jalan lain menghindari ular mematikan itu.

Melihat beberapa kasus yang terjadi di Minahasa Raya, nampaknya terdapat ular kobra lokal seperti yang ditemukan oleh Yoseph Sarese, warga Pongolombian, kecamatan Tomohon Selatan yang kemudian tewas digigit ular mematikan itu.

Untuk itu warga sepatutnya waspada bila ke tempat-tempat rawan dengan menggunakan perlengkapan memadai sehingga tidak mudah diserang ular berbisa seperti jenis kobra yang sangat mematikan. Sebaiknya tidak menggunakan celana pendek ketika ke kebun tetapi pakailah celana panjang agak tebal dengan dilengkapi sepatu boots dan topi untuk menghindari serangan ular berbisa dari bagian bawah dan dari bagian atas.

kobra 2

kobra

About Echel

Check Also

Pemkab Mitra Bergerak Cepat Dalam Rangka Penyusunan RKPD Thn 2023

Minahasa Tenggara, Sulutlink.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bergerak cepat, Pemkab Mitra mengelar Konsultasi …