web analytics

5 Kerja Sama yang Ditandatangani Pemerintah Indonesia dengan Perancis

Presiden Jokowi dan Presiden Perancis Francois Hollande menyaksikan penandatangan kerja sama kedua negara, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/3/2017) siang. (Foto: Agung/Humas)

Jakarta, Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia-Perancis akan meningkatkan kerja sama kemitraan dalam dua bidang yang baru, yaitu kerja sama di bidang maritim dan ekonomi kreatif, dalam sambutannya saat mengawali pertemuan antara delegasi Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan delegasi Pemerintah Perancis yang langsung dipimpin oleh Presiden Francois Hollande, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/3) siang.

Selain kemitraan bilateral, lanjut Presiden, pemerintah kedua negara juga menjadi mitra yang baik dalam berbagai isu di dunia, antara lain perdamaian di Palestina dan kerja sama melawan terorisme.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan harapan agar kemitraan Indonesia-Perancis dapat dilanjutkan di masa yang akan datang.

Usai pertemuan bilateral delegasi kedua negara, dilakukan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman antara Indonesia-Perancis, berikut 5 Kerja sama yang berhasil dicapai, yaitu :

Pertama, penandatanganan perjanjian pernyataan kehendak tentang peningkatan kerja sama pertahanan antara Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu dengan Menteri Pertahanan Perancis, Jean-Yves Le Drian.

Kedua, perjanjian kerja sama di bidang pembangunan perkotaan berkelanjutan antara  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono, dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Ketiga, persetujuan kerja sama riset ilmiah teknologi dan inovasi antara Menteri Ristek Dikti Indonesia, Muhammad Nasir dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Keempat, perjanjian pengaturan kemitraan Perancis- Indonesia Nusantara antara  Menteri Ristek Dikti Indonesia, Muhammad Nasir  dengan  Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Terakhir atau kelima, memorandum saling pengertian tentang kerja sama bidang pariwisata, antara Menteri Pariwisata, Arif Yahya dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi dan Presiden Perancis, Francois Hollande. (red./smb.RMI/DNA/AGG/ES)

 

About Redaksi 2

Check Also

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara Gelar Roling pejabat Di Lingkungan Pemkab Mitra.

Mitra – sulutllink. Com – Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH,MH hari ini, …