web analytics

ADRIANA DONDOKAMBEY: Laporkan Segera Kalau Ada Warga Jadi Korban Praktek Pungli

DEPROV SULUTLINK.COM – Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Adriana Dondokambey terima pengaduan dari beberapa warga Kota Bitung terkait dugaan praktek pungutan liar sebagai imbalan / jasa tambahan biaya pemasangan
pipa air bersih.

Meski telah menerima hibah bantuan dari pemerintah, petugas PDAM tetap tak segan-segan masih melakukan praktek meminta imbalan dalam bentuk uang kepada warga.

“Marnex Saiko, salah satu warga yang menghadiri reses mengungkapkan kronologisnya saat kegiatan reses yang dihadiri oleh petugas PDAM yang menjelaskan terkait hibah dari pemerintah. Anehnya kami masih dimintai imbalan jasa uang dipatok hingga Rp 500 ribu dengan alasan untuk tambahan biaya kerja pemasangan pipa air bersih,” kata salah satu warga Bitung yang menghadiri reses Adriana Dondokambey di Kota Bitung, Senin (08/04/2019).

Lanjut Marnex, seharusnya PDAM tidak boleh memintai uang tambahan karena biayanya telah ditanggung melalui dana hibah APBN pemerintah pusat. Namun, petugas tetap meminta uang tambahan kepada warga.

“Ini ada bukti kwitansi penyetoran yang ditanda tangani diatas materai. Petugas PDAM tetap masih meminta uang untuk biaya kerja pemasangan pipa, padahal pembiayaan pemasangan pipa sudah masuk dalam program hibah,” ujar Marnex.

Menanggapi pengaduan warga, Adriana menegaskan bahwa bantuan berupa hibah (APBN) seharusnya sudah tidak ada tambahan biaya apapun dari masyarakat.

“Semuanya sudah ditanggung oleh pemerintah melalui dana hibah.

“Kalau ada dana hibah untuk masyarakat melalui dana APBN itu, tidak perlu lagi ada tambahan biaya apapun dari masyarakat. Nanti akan kami konfirmasi lagi dengan komisi di DPRD untuk membahas masalah pengaduan ini,” tutur Adriana.

Adriana, meminta masyarakat untuk melaporkan oknum-oknum nakal yang berupaya melakukan pungutan liar dalam bentuk apapun. silahkan laporkan dan disertai dengan bukti-bukti yang kuat

“Disertai bukti yang kuat, agar semua laporan masyarakat akan ditindak berdasarkan peraturan dan hukum yang berlaku

“Jika ada pungli dalam bentuk apapun segera laporkan kepada kami Sertai dengan bukti-bukti yang kuat, maka akan secepatnya diberikan tindakan tegas. Ini merupakan upaya kami untuk memberantas praktek pungli dan korupsi,” tegas politisi senior PDI Perjuangan yang maju mencalonkan diri untuk memperoleh kursi di DPR-RI untuk dapil Provinsi Sulut.

Edit:Kta 09
April 8 2019

About Skt Biro Deprov

Check Also

Muscab Partai Demokrat Ke IV Se Sulut Jaring Calon Ketua 14 DPC, Billy Lombok: Calon Terpilih Akan Lanjut Ketahap Fit And Proper Test

  Manado, Sulutlink.com – Sekretaris Partai Demokrat Sulut Billy Lombok, SH usai Muscab menjelaskan kepada …