web analytics

Ahok Yakin Diusung Mega, PDIP: Kita Dukung Kepala Daerah Lewat Parpol

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yakin bakal didukung PDIP jika maju lewat jalur parpol. Bagaimana jawaban PDIP?
ahok“Kita hormati pernyataan-pernyataan Pak Ahok. Tapi kemudian mekanisme di partai juga tetap dalam koridor bahwa yang kita usung menjadi kepala daerah melalui jalur kepartaian. Ya, pemimpin pemerintahan membutuhkan dukungan rakyat sehingga memperkuat legitimasi pemimpin baik melalui dukungan rakyat maupun dukungan DPRD,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada detikcom, Jumat (22/7/2016).Hasto menuturkan dukungan DPRD penting untuk kepala daerah, berkaca dari pemerintahan Jokowi yang sempat terhambat karena dinamika di DPR.

“Kita juga belajar di tingkat nasional ketika pemerintahan Pak Jokowi terhambat ketika kekuatan di DPR belum mencapai 50 persen plus satu. Partai di DPRD itu menunjukkan dukungan rakyat sebagai konstituen partai,” katanya.

“Setiap kepala daerah harus mampu menggalang seluruh potensi masyarakat dan tidak memecah belah,” imbuh Hasto.

Sebelumnya diberitakan Ahok pede bakal diusung PDIP jika maju lewat parpol. “Kan dari dulu Bu Megawati memang mau usung saya, sudah oke,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2016).

Menurut Ahok, yang jadi masalah kala itu adalah soal waktu. Ahok saat itu ingin memberi kesempatan dulu kepada Teman Ahok untuk mengumpulkan 1 juta KTP.

“Yang jadi enggak oke kan waktunya itu, Teman Ahok kita kasih dia waktu begini, sejuta (KTP) ya. Kalau enggak sejuta kita enggak bisa. Terus kan PDIP butuh waktu, ya itu aja masalahnya,” jelas Ahok.

Ahok menyadari, PDIP tak akan mendukung calon independen. Hal tersebut memang telah menjadi sistem di partai pemenang pada Pilkada DKI 2012 lalu mengusung Joko Widodo dan Ahok untuk memimpin DKI.

“PDIP bicara sistem, tidak mungkin mendukung independen. Tapi kalau putusan ini kami pakai 3 parpol, misalnya DPP PDIP juga mencalonkan saya, ini mungkin bisa ketemu. Soal Djarot atau siapa, soal lain lagi. Pasti PDIP sama parpol lain balik lagi seperti semula, terserah saya mau pilih siapa,” jelas Ahok. (detik)

About Echel

Check Also

Mario Mambu/Cliff Tangkuman dari Raewaya Sulut Perkasa di Seleknas AG 2022

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Mario Mambu/Cliff Tangkuman dari Raewaya Sulut Perkasa di …