web analytics

Akhir April 2017, Akan Dibuka Pelayaran Laut Rute Bitung-Davao Manila

Pelabuhan Bitung (Foto.ist)

Sulutlink.comBitung, Pada akhir april nanti, rencananya Kapal Roro akan membuka rute baru Bitung-Davao. Hal disambut antusias sejumlah warga dan para pengusaha di Sulawesi Utara khusunya.

Sekkot Bitung, Audy Pangemanan mengatakan, rute kapal roro akan menghubungkan Bitung dengan Manila, Davao serta General Santos, tiga kota utama di Manila.

Dikatakan Audi, Pemkot Bitung serius mempersiapkan rute pelayaran tersebut. “Kita sudah koordinasi dengan provinsi,” katanya, kamis (6/4/2017)

Sementara itu mengenai hal ini, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menjelaskan dengan adanya pelayaran ini membuat Bitung menjadi tempat bertemunya Jokowi (Presiden RI Joko Widodo) dan Duterte (Presiden Filipina Rodrigo Duterte).

Kedua presiden ini memiliki kebijakan yang sama yakni membangun dari pinggiran. “Bitung menjadi salah satu perhatian Jokowi dalam program membangun dari pinggiran,” kata dia.

Dikatakan Olly, tak hanya Bitung, namun seluruh Sulut bahkan Indonesia bagian timur bakal diuntungkan dengan adanya pelayaran itu.

Jika rencana ini akan terwujud, menurut salah satu warga Kota Bitung Lambet Sampul  yang berprofesi sebagai pedagang, mengatakan jika warga Filipina dulunya sangat banyak di Bitung. “Meski mereka nelayan ilegal, mereka punya kontribusi bagi perekonomian Bitung,” ungkapnya pada Tribun Manado

” Mereka punya daya beli luar biasa, dulunya ilegal tapi nanti mereka bisa sulut masuk secara legal,” tambah dia.(red./smb.Tribun Manado)

 

About Redaksi 2

Check Also

Masyarakat Kelurahan Winenet Dua Aertembaga Kota Bitung Hadiri Sosper Anggota DPRD Sulut Johny Panambunan

Bitung, sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny Panambunan …