web analytics

Alokasi Dana Pendidikan Kota Manado Kalah Dengan Kabupaten Talaud

IMG_20170705_224316Sulutlink,  Manado.   Kota Manado yang  digaungkan sebagai Smart City nampaknya tidak seirama dengan kenyataan sesuai realita yang tercermin dari besaran alokasi Dana APBD disektor pendidikan.

Berdasar Neraca Pendidikan Daerah (NPD)  yang dipublikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan gambaran mutakhir tentang kondisi dan capaian pendidikan suatu Provinsi/Kabupaten/Kota se Indonesia NPD 2016.

Data Neraca Pendidikan Tahun 2016 untuk Kota Manado menunjukkan jumlah alokasi Dana Pendidikan baru sebesar Rp.  570 M dari Total APBD Rp. 1.847,4 M atau baru 13,3 % . Jika dibanding dengan Kabupaten Talaud sebesar 14.1 %

Lebih memprihatinkan lagi  ternyata jika dibanding dengan alokasi Dana Pendidikan Tahun 2015 justru semakin tahun semakin berkurang, karena Tahun 2015 sebesar 15.8 % dan belum sampai 20 % sesuai amanat UU Pendidikan Nasional.

Dengan keluarnya NPD 2016 ini diharapkan sebagai masukan daerah dan para pengguna, sehingga terdapat perubahan dalam beberapa koponen. instrumen input dan output pendidikan,

Selanjutnya NPD dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan dan pemangku kepentingan pendidikan untuk berkontribusi penuh dalam memberikan solusi atas berbagai persoalan pendidikan demi mewujudkan pendidikan yang bermutu, terjangkau, dan berkeadilan bagi seluruh warga Kota Manado. (jansen)

 

About Redaksi 2

Check Also

Ketua Bhayangkari Daerah Sulut Berikan Tali Kasih Kepada Nakes dan Korban Banjir Bandang

Manado, Sulutlink.com – Ketua Bhayangkari Daerah Sulawesi Utara (Sulut) Ny. Shinta Nana Sudjana memberikan tali …