web analytics

Alumni SMANTO 170.1 Berencana Gelar Kegiatan di Tondano

Oleh : Bert Toar Polii

Tondano, Sulutlink.com – Sejak terbentuk pada tanggal 13 Oktober 2019, Alumni Smanto 170.1 dibawah pimpinan Ketua Irjen Pol. Carlo Tewu telah melakukan berbagai kegiatan yang semuanya di pusatkan di Kota Tondano.

Sesuatu yang wajar karena semua anggota Alumni Smanto 170.1 ini adalah mantan siswa SMA Tondano 170 yang kemudian berganti nama menjadi SMA Negeri 1 Tondano dan telah berpindah tempat dari kampung Liningaan ke kampung Rinegetan.

Kegiatan pertama adalah acara Mareng um Banua yang digelar di Lapangan Sam Ratulangi Tondano pada akhir tahun 2019 dimana Masyarakat Tondano mendapat hiburan yang sulit dilupakan selama 3 hari sejak tanggal 29-31 Desember 2019. Selanjutnya masih ada acara bedah buku Perang Tondano karangan Alm. Eddy Mambu, penyerahan donasi kepada mantan guru yang sudah purna tugas, donor darah dan lain-lain.

Kegiatan kedua adalah pemberian donasi berupa Alkes kepada RSU Sam Ratulangi Tondano untuk penanggulahan covid-19.

Kegiatan ketiga Bersama Pemda Minahasa dan Komunitas WAG Tondano Kinatouanku menanam pohon hias tabebuya di berbagai jalan utama Kota Tondano serta Lomba Menghias Pekarangan.

Kegiatan keempat membentuk Koperasi untuk memberdayakan sawah-sawah di Tondano yang sekarang umumnya terlantar.
Selanjutnya untuk untuk tahun ini akan digelar beberapa kegiatan secara bertahap mengingat situasi yang belum kondusif akibat pandemic covid-19.

Menurut penjelasan Ketua Alumni Smanto 170.1, Irjen Pol. Carlo Tewu akan diadakan :

  1. Kolintang Hybrid Event
  2. Lomba Maengket
  3. Kejuaraan Bridge memperebutkan Piala Ketua Alumni Smanto 170.1
  4. Lomba Sepeda Mengelilingi Danau Tondano
  5. Lomba Bahasa Makatana atau Bahasa Tondano
  6. Lomba Memilih Desa Wisata yang kemudian dijadikan projek percontohan.

Irjen Pol. Carlo Tewu menambahkan, mengapa cabang olah raga bridge yang dipilih, karena saat ini ada beberapa Alumni Smanto 170.1 yang memperkuat tim nasional Indonesia, Seperti salah satu pendiri Bert Toar Polii di timnas senior kemudian ada Lusje Bojoh, Joice Tueje di Mixed dan Putri serta Franky Karwur, Jemmy Bojoh, Leslie Gontha di bagian putra.

Semua kegiatan ini akan dilakukan sesuai standart protocol Kesehatan yang ketat lanjut Carlo Tewu yang saat ini menjabat Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kementerian BUMN.
Selain itu beberapa kegiatan lomba akan diadakan secara virtual dan nanti di acara puncaknya hanya akan diikuti para finalis sehingga tidak melanggar prokes tambahnya.

Dengan ditayangkan secara virtual melalui berbagai media sosial maka akan membantu mempromosikan Minahasa yang mempunyai potensi sebagai salah satu pilihan untuk kunjungan wisata karena banyak keunikan yang bisa ditemui di Tondano.

Salah satu keistimewaan Tondano adalah letaknya yang ditepi Danau Tondano. Kondisi ini sangat langka di dunia ini.

Belum lagi hamper semua jenis wisata ada disini. Misalnya Kampung Koya dan Tataaran dengan permandian aerpanasnya, Uluna salah satu mata air alami yang sangat jernih. Letaknya berada di kawasan hutan, airnya sangat jernih dan memiliki pemandangan bawah air yang sangat mempesona, Benteng Moraya “Wisata sejarah di area persawahan tondano.”, Kampung Jawa Tondano dengan wisata sejarah Makam Kiay Modjo, Sumaru Endo merupakan sebuah resort dan restoran yang cukup populer di Minahasa dan sekitarnya. Resort ini menjadi destinasi favorit bagi warga Tondano untuk menikmati masa liburan. Suasananya tenang serta dilengkapi dengan fasilitas yang asyik seperti kolam renang membuat para pengunjung betah berlama-lama bermain di sini. Berenang di kolam sambil menikmati indahnya panorama danau Tondano. Objek Wisata Goa Jepang Tonsealama dan lain-lain.
Kegiatan pertama yang akan digelar adalah Lomba Kolintang Hybrid yang nantinya akan diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-2 Alumni SMANTO 170.1 yang jatuh pada tanggal 13 Oktober 2021.

Kegiatan yang lain direncanakan apakah bertepatan dengan HUT Minahasa 2021 atau diadakan secara khusus pada bulan Desember untuk memperingati Hari Natal & Tahun Baru seperti acara “Mareng Um Banua” 2019 yang lalu.
Menurut Ketua Bidang Sosial dan Ketua Yayasan mapalus SMANTO170.1-Tondano, Andre Sumual, telah disepakati penyelenggaraan lomba kolintang Hybrid Event yang akan dikelola secara professional agar gaungnya mendunia. Selanjutnya ia menambahkan akan segera menyebarkan kegiatan ini secepatnya agar persiapan baik panitia maupun peserta bisa lebih baik.

About Redaksi 2

Check Also

Tidak Terima Keponakan Perempuannya Disentuh, Remaja Nekat Menikam Seorang Pemuda Saat Pesta Miras

Manado, Sulutlink.com – Tim Paniki Rimbas 3 bersama Tim Opsnal Polsek Singkil ringkus pelaku penikaman, …