web analytics

Amankan Pengucapan Syukur, Polres Minsel Terjunkan 1000 Orang Personil

Hari ini, Minggu (31/7/2016), warga masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara merayakan hajatan besar yakni Pengucapan Syukur yang merupakan acara tradisi rutin dilaksanakan setiap tahun.

2 1

Dampak dari perayaan Hari Pengucapan Syukur adalah situasi padat oleh keramaian para pengunjung yang datang bersilaturahmi ataupun sekedar pesiar menikmati suasana pesta kemeriahan hajatan ini.

Mengantisipasi segala kemungkinan yang berpotensi menimbulkan kerawanan kamtibmas, Polres Minsel melibatkan sedikitnya 1000 personil dalam kegiatan pengamanan.

Kapolres Minsel, AKBP Arya Perdana,SH,SIK,Msi dalam pengarahannya pada Apel Konsolidasi Perkuatan yang diselenggarakan di Polsek Ratahan pagi tadi menegaskan agar seluruh personil mempersiapkan fisik dan mental dalam kegiatan pengamanan Hari Pengucapan Syukur di Kabupaten Minahasa Tenggara. Seluruh personil diwajibkan melaksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggungjawab dengan memperhatikan prinsip-prinsip kemanusiaan.

“ Pengamanan Hari Raya Pengucapan Syukur ini merupakan tugas mulia kita selaku insan bhayangkara. Masyarakat sangat mengharapkan situasi yang aman, nyaman, tertib dan lancar dalam perayaan ini. Karena itu, kita wajib mengerahkan sepenuhnya tenaga dan pikiran kita untuk mewujudkannya. Saya mengharapkan seluruh anggota agar kita secara bersama-sama bekerja keras, profesional dan proporsional, yakinlah bahwa Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita” tegas Kapolres Minsel.

Kapolres Minsel kembali menegaskan agar seluruh anggota jangan ragu-ragu mengambil tindakan tegas terhadap siapapun juga yang melakukan perlawanan terhadap petugas kepolisian dalam hal ini ditekankan tentang oknum masyarakat yang membawa sajam (senjata tajam).

“Apabila ada yang coba-coba melawan petugas,apalagi mengancam keselamatan anggota dan masyarakat, saya perintahkan segera lakukan tindakan tegas, saya yang tanggungjawab !!!” tegas Kapolres.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Achmad Sutrisno,SE, menjelaskan bahwa Polres Minsel melibatkan 1000 personil dalam pengamanan Pengucapan Syukur ini yang akan ditempatkan di beberapa titik kerawanan di seluruh wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara.

“ Kita melibatkan 1000 personil yang terdiri atas personil organik Polres Minsel ditambah personil BKO Polres Minahasa serta BKO Polda Sulut dari Direktorat Lalulintas, Direktorat Sabhara, Brimob serta Timsus Baracuda dan Manguni, dengan konsep pengamanan yaitu pengamanan terbuka dan pengamanan tertutup. Kita juga mendapat dukungan perkuatan dari unsur TNI AD Kodim 1302 Minahasa, serta Dinas Perhubungan, Sat Pol PP dan Linmas Kab. Mitra. Nantinya, keseluruhan personil ini akan menempati posnya masing-masing sesuai dengan ploting yang telah ditentukan. Adapun Potensi kerawanan terbesar dalam perayaan Pengucapan Syukur ini adalah kemacetan lalu lintas, karena itu kami telah mengantisipasinya dengan melakukan langkah-langkah preemtif maupun prefentif diantaranya menempatkan personil di titik-titik kerawanan kemacetan, membentuk tim pengurai kemacetan, patroli unit tindak serta menyampaikan himbauan-himbauan kepolisian terkait dengan tatacara parkir kendaraan, tata tertib pengguna jalan maupun etika berlalulintas lainnya, semua ini kami lakukan guna mewujudkan situasi yang aman tertib dan lancar” jelas Kabag Ops.

Diharapkan dengan adanya sasaran, konsep dan bentuk pengamanan yang terstruktur sesuai SOP, perkiraan intelijen aktual serta didukung oleh kesiapan perkuatan personil maupun sarana prasaranan yang memadai, akan mampu mengantisipasi segala bentuk potensi kerawanan selang perayaan Hari Pengucapan Syukur yang diperkirakan akan dihadiri oleh ribuan bahkan jutaan pengunjung ini.

About Echel

Check Also

Galatia Karamoy Banjir Dukungan Di Ajang Grand Final Putri Kebudayaan Indonesia

Sulutlink – Galatia Karamoy asal Minahasa menjadi perwakilan sulut di ajang Putri Kebudayaan Indonesia, yang …