Anggota DPRD Sulut Courtesy Call ke Pemkab Minahasa dan Pemkot Tomohon

Bupati minahasa DR. Ir. Roy Roring mendengarkan paparan hasil reses anggota dprd sulut di dapil minahasa dan tomohon

Manado, Sulutlink.com – Courtesy Call, Kunjungan kehormatan Anggota DPRD Sulut Dapil Minahasa – Tomohon ke Kantor Bupati Minahasa dan pemkot Tomohon, dalam rangka memaparkan  berbagai aspirasi yang disampaikan melalui kegiatan reses I tahun 2021 DPRD Sulut  yang telah dilakukan sejak Senin 5 April 2021 sampai selesai.

Kunjungan kehormatan tersebut berlangsung di rumah dinas Bupati Minahasa, Sasaran Tondano, Senin (12/4) kemarin.

Kordinator kunjungan kehormatan ini dipimpin  Dra. Vonny Jane Paat.

Bupati minahasa menanggapi aspirasi masyarakat yang disampaikan anggota dprd sulut

Mereka Anggota DPRD Sulut daerah pemilihan (dapil) Minahasa – Tomohon diterima langsung Bupati Minahasa, DR. Ir. Roy Roring, MSi di dampingi Asisten I Denny Mangala.

Pantauan sulutlink.com,  Aspirasi masyarakat khususnya dapil Minahasa – Tomohon, dibacakan secara bergilir dihadapan Bupati Minahasa.

Anggota yang hadir dalam kunjungan kehormatan tersebut Kordinator Vonny Paat, Anggota Fanny Legoh, Herol Kaawoan, Melisa Gerungan, Inggried Sondakh, Imelda Rewa, Braien Waworuntu, (Careig Runtu) ijin.

Foto istimewa anggota dprd sulut dapil minahasa tomohon bersama bupati minahasa DR. Ir Roy Roring MSi diruang pertemuan rumah dinas bupati minahasa

Pada umunya terkait aspirasi warga minahasa mengangkat kelangkaan pupuk dan bantuan pupuk bersubsidi bagi petani yang mengalami kesulitan mendapat pupuk. Mau menanam tapi tidak ada pupuk. Mereka menitipkan aspirasi melalui anggota DPRD untuk Bupati Minahasa.

Terkait  infrastruktur, masyarakat menginginkan jalan agar ada upaya pelebaran jalan, pengaspalan yang belum tuntas, perbaikan jalan yang rusak berlubang, akses jalan perbatasan desa ke desa tetangga.

Disamping itu masyarakat di desa tertentu juga mengeluhkan masalah penerangan lampu jalan. Ketika malam kendaraan yang melewati jalan karena tidak ada penerangan bisa terjadi kecelakaan. Mereka berharap anggota DPRD Sulut khususnya Dapil Minahasa dapat meneruskan keluhan warga memanfaatkan jalan dengan nyaman karena ada lampu penerangan jalan di desa.

Program pendidikan, warga bermohon bantuan bagi siswa kurang mampu menginginkan keringanan biaya, dan bisa dapat bantuan bea siswa bagi yang kurang mampu.

Menariknya ada keluhan warga yang rata-rata berprofesi sebagai petani baik penggarap persawahan yang akhir-akhir ini kekurangan air karena keterbatasan irigasi untuk cetak sawah baru. Kekeringan melanda persawahan, petani tidak bisa menanam padi, Diminta perhatian instansi terkait di lingkungan Pemkab Minahasa dan Pemprov Sulut difasilitasi anggota DPRD Sulut dapil Minahasa.

Disektor pertanian warga di kedua dapil ini ada kesamaan berprofesi sebagai petani penggarap kebun penghasil produk lokal tanaman hortikultura, mereka mengusulkan butuh peralatan pertanian bentuk alat berfungsi sebagai multifaktor untuk kegiatan pertanian.

Masyarakat menunggu kejelasan dinas praskim Sulut melalui program rumah tidak layak huni (RTLH).

Warga yang bermukim di tepi danau Tondano, lagi-lagi mengangkat masalah enceng gondok yang mulai menutupi akses perahu nelayan dan menjadi kekuatiran mereka saat nelayan akan ke danau, mohon perhatian pihak-pihak terkait Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi maupun Pemkab Minahasa.

Terkait akses jalan keliling Danau Tondano warga mengusulkan pelebaran jalan khususnya dari desa Telap Kecamatan Eris ke arah Kecamatan Kakas mulai sempit, mohon ditinjau lagi dari dinas PU, BPJN upaya untuk pelebaran, karena kalau ada kendaraan besar maka sulit untuk berpapasan, karena kses jalan didaerah itu termasuk ramai dilalui berbagai jenis kendaraan roda empat yang menuju selatan Minahasa.

Masalah BPJS yang sempat terhenti, bagaimana pelayanan bagi yang tidak mampu, ada masyarakat pengguna BPJS yang kurang mampu mendapat kendala pelayanan karena sempat terhenti, mohon kejelasan dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten, dan Provinsi bagaimana kelanjutannya.

Terkait kenyamanan masyarakat mulai ada hal-hal meresahkan warga terkait pencurian dalam desa, minta pihak apararat yang bertugas terkait keamanan dan ketertiban di desa terus diantisipasi dengan mengaktifkan aparat keamanan di masing masing desa, perlu sosialisasi melalui pembinaan siskamling dari Pemkab Minahasa.

Menjawab apa yang disampaikan Anggota DPRD Sulut daerah pemilihan (dapil) Minahasa, Bupati Minahasa, Roy Roring  mengatakan hal-hal yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten akan langsung ditindak lanjuti di masing masing dinas terkait, dan yang ditujukan ke pemerintah provinsi adalah kewenangan dinas terkait setelah mendapatkan persetujuan gubernur dan disamping ada rekomendasi dprd sulut dapil minahasa tomohon untuk diperjuangkan melalui gubernur Sulut.

“Semua keluhan masyarakat  akan ditindak lanjuti sampai bisa terwujud,” tandas Roring.

Ketua Kordinator Kunjungan kehormatan, Vonny  Jane Paat menambahkan, DPRD Provinsi Sulut dalam hal dapil minahasa tomohon menindaklanjuti usulan usulan yang disampaikan masyarakat melalui musrembang desa dan yang diusulkan ke musrembang kabupaten, DPRD akan membantu menyampaikan pokok-pokok pikiran ke kabupaten/kota apa-apa yang dibutuhkan, sehingga tidak menimbulkan kesalahan paham dalam rangka pelaksanaan program  pembangunan berkelanjutan,” kata Paat kepada wartawan usai kunjungan kehormatan dengan Bupati Minahasa  DR. Ir. Roy Roring, MSi.

Kunjungan kehormatan dilanjutkan menuju Rumah kediaman Wakil Walikota Tomohon, rombongan diterima Wakil Walikota Wenny Lumentut, SE di Walian Tomohon Selatan.

kordinator Vonny Paat memperkenalkan anggota dprd sulut dapil minahasa tomoh kepada wakil walikota tomohon Wenny Lumentut SE dan Jajaran

Masing-masing anggota dapil Minahasa maupun Dapil Tomohon, menyampaikan paparan hasil reses ditiap titik terkait aspirasj dalam bentuk masukan, keluhan, dan permohonan masyarakat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa yang disampaikan masyarakat saat reses dimasing-masing lokasi yang dikunjungi untuk membuktikan kepada masyarakat, mereka dari dapil minahasa dan dapil tomohon telah meneruskan ke  pemkab maupun pemkot melalui wakil walikota Wenny Lumentut dan Pemkab Minahasa Roy Roring.

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut menanggapi aspirasi masyarakat yang disampaikan anggota dprd sulut dapil tomohon minahasa

Pantauan sulutlink.com  saat mendengar seluruh paparan hasil reses yang diterima oleh Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE, di dampingi  Asisten I Toar Pandeiroth, Asisten II  Enos Pontororing, Wakil Ketua DPRD John Pontororing, Anggota DPRD Ferdinand Mono Turang, ada yang langsung ditanggapi. Berbagai aspirasi lainnya disampaikan dan diterima pemkot tomohon, Antara lain ada yang spesifikasi di Kota Tomohon yang mendapat perhatian Pemkot Tomohon, tentang rencana membangun infrastruktur jalan dan mengusulkan jalan  lingkar Tomohon,  Pineleng, Lota, dan Kakaskasen untuk di jadikan jalan provinsi , termasuk usulan warga terkait pengaspalan jalan,  jalan setapak juga akan diperhatikan untuk ditindak lanjuti.

Pemkot tomohon saat ini sedang fokus pengembangan objek wisata Danau Linow karena Kota Tomohon satu satunya di sulut menarik jadi destinasi kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara, sehingga Kota Tomohon layak menjadi pintu gerbang kunjungan wisata selain menggambarkan kota wisata berpendidikan dan religius.

Anggota dprd sulut mendengarkan penjelasan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE

Wawali mensuport usulan masyarakat terkait layanan publik berupa fasilitas WC Umum dan pembangunan  BPU yang sudah 6 tahun berjalan di kelurahan Kakaskasen belum tuntas.

Program pendidikan dikenal kota dapur prestasi pendidikan peran dan kualitas tetap dijaga dari segi ketenarannya, bersamaan dengan upaya pusat kebudayaan di Kota Tomohon akan masuk prioritas jangka panjang.

Atas nama  Pemkot Tomohon, Lumentut memohon bantuan DPRD Sulut Dapil Tomohon Minahasa fasilitasi semua usulan, dan keluhan yang disampaikan, bahwa kewenangan pemkot akan langsung ditindaklanjuti dan usul ke gubernur Sulut akan kami bawa ke Pemprov.

Foto istimewa Wawali kota tomohon dan jajajaran bersama anggota dprd sulut dapil tomohon minahasa dilanjutkan resepsi makan malam bersama

Selama kegiatan berlangsung, tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19, 3 M plus, mencuci tangan memakai masker menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Hal lain yang disampaikan tapi belum terprogram di tahun 2021 ini akan dibahas nanti di APBD Perubahan.

Penulis: Karel.SL

You must be logged in to post a comment Login