web analytics

Animal Sport Competition Atau Sabung Ayam Bakal Hentak Manado.

150328841667368851709MANADOSULUTLINK- Sabung Ayam adalah permainan adu dua ekor Ayam dalam sebuah arena. Biasanya Ayam yang diadu hingga salah satu kabur atau kalah bahkan hingga mati. Dan permainan ini biasanya diikuti oleh aksi perjudian yang berlangsung tak jauh dari arena adu Ayam tersebut. Guna menunjang program pariwisata Pemerintah Kota Manado, tak lama lagi kegiatan budaya sabung Ayam dalam pembangunan wisata olahraga bertajuk, Animal Sport Competition 2017 akan digelar oleh Pemerintah Kota melalui Dinas Pemuda dan Olahraga.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dra Neivi Lenda Pelealu Msi melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Drs Pontowuisang Kakauhe, pengembangan budaya sabung Ayam di Kota Manado nantinya merupakan suatu kearifan lokal yang perlu dilestarikan dengan cara penanganan yang serius dan profesional agar menjadi kegiatan penunjang pariwisata di Kota Manado.

“Nantinya hajatan ini harus dikelolah secara profesional agar tidak menjadi sarana perjudian,” ucapnya.

Lebih jauh katanya, pihak kami telah membuat kajian tehknisnya sambil berkoordinasi dengan aparat kepolisian khusunya Polda Sulut.

“Kajian tehknisnya sudah rampung bahkan sudah mendapat dukungan dari seluruh aparat Kecamatan (Camat bahkan kajian tehknis ini telah mendapat dukungan dari BKSUA,KESBANGPOL serta Ketua KONI Manado,”tukasnya.

Lebih jauh katanya, dengan adanya hajatan Animal Sport Competition atau sabung Ayam ini, maka pembangunan kepariwisataan yang berbasis pada masyarakat Bottom Up akan dapat mengangkat olahraga sabung Ayam yang merupakan salah satu solusi untuk membuka kesempatan berkreasi masyarakat.

“Pengembamgan sektor pariwisata guna  mendukung pembangunan kota Manado sebagai kota tujuan pariwisata dunia telah jelas jelas diatur bahwa salah satu item yang boleh  dilaksanakan dalam penyelengaraan kegiatan hiburan dan rekreasi di Kota Manado adalah pentas pertunjukan satwa. Apalagi olahraga rekreasi Sabung Ayam berpotensi  besar dalam pembangunan Sport Tourism,” tuturnya.

Diapun menambahkan, olahraga Sabung Ayam memiliki pendukung kuat pada masyarakat di Kota Manado sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa untuk mengangkat masyarakat tersebut keberadaan sekaligus menghidupkan olahraga tradisional Sabung Ayam merupakan salah satu solusi untuk membuka kesempatan berusaha masyarakat.

“Kegiatan Sabung Ayam adalah warisan budaya maka sudah merupakan kewajiban Pemerintah dan Masyarakat untuk melestarikanya,” pungkas Kakauhe.

Sambil menambahkan, kajian tehknis ini masih akan dikoordinasi kan dengan pihak pihak terkait seperti Kepolisian Polda Sulut. (ONAL GAMPU)

 

About Redaksi

Check Also

Andrei Angouw Walikota Manado Genjot Vaksinasi Dosis Ke-2

Sulutlink – Wali Kota Andrei Angouw mengatakan, percepatan vaksinasi Covid-19 harus terus digalakkan apalagi Kota …