web analytics

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Panambunan: Bekali Wawasan Kebangsaan, Memupuk Semangat Nasionalisme Demi NKRI

 

Anggota DPRD Sulut JOHNNY PANAMBUNAN – Sosialisasi Wawasan Kebangsaan didampingi Narasumber EUGENIUS PARANSI di Dapil Minahasa Utara

“Dalam menghadapi krisis bangsa saat ini pasti berpengaruh terhadap kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara”

Minut, sulutlink.com – Seperti kita ketahui wawasan kebangsaan mengandung semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan menghendaki adanya pengetahuan yang memadai tentang tantangan masa kini dan masa mendatang.

Oleh karenanya, Anggota DPRD Sulut, Johny Panambunan menilai pentingnya sosialisasi tentang Wawasan Kebangsaan harus terus dilakukan. Hal tersebut guna memupuk semangat Nasionalisme dalam lingkaran NKRI adalah harga mati,” ucapnya kepada warga yang hadir saat menggelar Sosialisasi Kebangsaan, di Kelurahan Airmadidi Atas, Selasa, 22/2/2022.

Lanjut dikatakannya, dalam konteks yang lebih luas lagi, krisis bangsa tersebut pasti berpengaruh kepada kehidupan berbangsa dan bernegara yang pada akhirnya hanya merefleksikan nilai-nilai keburukan dan kurang dalam mengaktualisasikan nilai-nilai keluhuran.” tandas Panambunan.

Sebagai wakil rakyat, kami memiliki kewajiban dan tanggung jawab moral untuk terus mengingatkan masyarakat, bahwa dengan selalu mengingatkan dan memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan diyakini menjadi salah satu kunci efektif untuk menangkal berbagai ancaman yang datang dari dalam maupun luar, apalagi ada indikasi munculnya paham ideologi yang berbau radikalisme, sedangkan hal itu sudah sangat bertentangan terhadap ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI).

Disisi lain Ia melihat jika pendidikan karakter Negeri ini sedang dilanda problematik yang lebih akut dari pada sekadar krisis ekonomi maupun sosial, seperti kita lihat disekitar kita bermunculan, yakni krisis karakter, baik perorangan maupun kelompok masyarakat tertentu,” ujarnya.

” Sebagai anggota DPRD sulut merupakan kewajiban dan tanggung jawab kami, bahkan juga tanggung jawab kita bersama untuk saling mengingatkan tentang semangat nasionalisme, dan cinta tanah air melalui wawasan kebangsaan dimana didalamnya ada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tinggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ” ucap legislator Dapil Minut Bitung ini.

Nara sumber, Eugenius Paransi, SH, MH, dalam kegiatan SosBang tersebut menegaskan bahwa dalam NKRI, Pancasila menjadi sangat penting bahkan menjadi roh dalam kehidupan bernegara ditengah berbagai kemajemukan yang ada.

” Pancasila sangat penting sebagai dasar dan ideologi negara kita. Pancasila sebagai fundamental negara yang merupakan cita hukum NKRI yang dijabarkan dan dirumuskan dalam pasal – pasal batang tubuh UUD 1945.” papar dosen tetap Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi ini.

Paransi juga mengingatkan seluruh masyarakat agar jangan pernah melupakan sejarah yang telah diperjuangkan oleh para founding fathers bagi NKRI khususnya dalam membentuk dan melahirkan Pancasila.” tandasnya.

Lanjutnya, dengan adanya pengaruh globalisasi dunia dengan kemajuan teknologi dan budaya, adalah merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi wawasan kebangsaan warga Indonesia.

” Ini harus kita jaga bersama, jangan sampai dengan kemajuan teknologi dunia terutama menghadapi pengaruh globalisasi bisa mempengaruhi wawasan kita sebagai bangsa Indonesia apalagi saat ini banyak berkembang sekuralisme tidak percaya adanya Tuhan jangan sampai merusak generasi kita, Ini yang harus kita kembalikan dengan memperkuat wawasan kebangsaan, dan itu menjadi tanggung jawab kita bersama termasuk anggota DPRD Sulut, ” terang Paransi. **/KST.

About DeProS Red

Check Also

Kumayas Dapat SK Repdem Minsel untuk Menangkan PDIP di 2024 Nanti

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Repdem Minsel Terima SK PDI Perjuangan. Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) merupakan anak …