web analytics

Asita Sulut: Travel Luar Daerah Lakukan Bisnis di Sulut Harus Punya Ijin dan Kantor Cabang

Manado, Sulutlink.com. Salah satu agen luar daerah Anta Vaya Tour yang mengadakan pameran di kota Manado di Mega Branch Travel Fair yang berlangsung dari tanggal 14-16 September 2018 di Transmart Grand Kawanua Manado, menuai sorotan dari travel lokal Sulawesi Utara, khusunya yang tergabung dalam Asosiasi Tur dan Travel Agen Indonesia (ASITA) Sulut.

Menurut Merry Karouwan, Ketua Asita Sulut, ini adalah untuk kedua kalinya agen travel AntaVaya yang tidak mempunyai kantor di Sulawesi utara mengadakan travel air tanpa melibatkan agen local.

“Seharusnya buka kantor dan laporkan di satu atap agar mendapat TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata), dan kalau terdaftar pasti bayar pajak di Manado supaya bisa memberikan kontribusi bagi daerah.” jelas Merry.

Menurut Merry, jangan agen travel dari luar daerah hanya hit & run. Tidak punya ijin operasi dan kantor di Sulut, serta tidak memberikan kontribusi pajak dan hanya meraup keuntungan saja.

Tambah Merry, tata niaga Pariwisata Sulut sudah harus diatur. Dan ini mendapat respons yang positif dari Ketua Satgas Pariwisata Sulut, Dino Gobel. “Soal tata niaga Pariwisata Sulut, sebuah usulan mendesak yang harus dikomunikasikan ke Pemprov memang.” Tegas Dino kepada Asita Sulut.

Menurut Henny Maramis, yang sudah puluhan tahun bergelut di dunia travel di Sulut menyampaikan kekesalannya. “Asita Sulut dan pemerintah setempat harus bertindak, Jangan terbiasa travel dari luar Manado, seenaknya masuk ke daerah Sulut.” Sebut Henny Maramis.

Sorotan Asita Sulut ini mendapat tanggapan dari Pemerintah Provinsi melalui Kadispar Sulut, Daniel Mewengkan, SE. MSi. Menurut Merry, Kadispar Sulut telah merespon dengan baik dan sedang dalam penyusunan Pergub untuk mengatur Pramuwisata.

Merry mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah dan stakeholder di daerah untuk menjaga keberlangsungan usaha Pariwisata di Sulawesi Utara.  (Denny Sondakh)

About Redaksi Sulutlink

Check Also

John Dumais: Apresiasi Tim Resmob Mengamankan Pelaku Curanmor di Kota Bitung

  Bitung, sulutlink.com – Pengamat Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) John Dumais, mengapresiasi Tim Resmob …