web analytics

ASN Pemkot Bersihkan Manado: Usulu-Siwi di Malalayang, Lakat-Mawitjere di Singkil

manadoHanya berselang sehari setelah Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut mengingatkan kebersihan bukan hanya tanggung jawab Camat dan Lurah, Jumat 13/01/2017 ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Manado turun ke jalan. Para ASN sendiri dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama dipimpin oleh Plt Sekda Kota Manado, Drs. Rum Usulu dan Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Ir. Ferry Siwy difokuskan di Kecamatan Malalayang dan kelompok kedua, dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Manado, Micler Lakat, S.H, M.H. difokuskan di Kecamatan Singkil.

manado 3Terpantau di Kecamatan Singkil, ribuan ASN yang dipimpin masing-masing Kepala Perangkat Daerah dari instansi yang bernaung di bawah koordinasi keasistenan satu seperti Pol PP, BKD, Kesbangpol Linmas, Bagian Pemerintahan dan Humas, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Kecamatan, dan perangkat daerah lainnya membersihkan tepian jalan raya yang memang semula tampak kotor dan dipenuhi sampah. Saat dijumpai di tengah aktivitas kerja bakti, Asisten Pemerintahan an Kesra Sekda Kota Manado, Micler Lakat, S.H, M.H. menjelaskan bahwa untuk kegiatan ini keasistenan yang baru seminggu dipimpin dipimpinnya mengambil lokasi di sepanjang jalan Arie Lasut, dari pertigaan Kantor Camat Singkil sampai di pertigaan Mess Santiago Ternate Baru. “Nanti sebentar kegiatan bersih lingkungan oleh ASN Pemkot Manado akan berpindah lokasi di wilayah Kecamatan, tergantung nanti evaluasi dari instansi teknis yang menangani kebersihan dalam hal ini Kecamatan dan Dinas Lingkungan Hidup,” ujar Lakat, mantan Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, yang saat diwawancarai didampingi Camat Singkil, Mursjid Pangalima.

Menariknya, seluruh peralatan pengangkut sampah milik Pemkot ikut dikerahkan mengangkat sampah, termasuk Motor Sampah yang baru diserahkan ke seluruh kelurahan di Kota Manado melalui APBD tahun 2016. Sementara itu beberapa Kepala Perangkat Daerah yang baru dilantik pekan lalu seperti Staf Ahli, Atto Bulo, Kaban BPKAD, Manarsar Panjaitan, Kepala BKD, Corry Tendean, Kepala Badan Kesbangpol Linmas, Drs. Hanny Solang, dan para pejabat tampak membaur bersama ASN lainnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut dalam Sambutan Ibadah Perdana Pemkot Manado, Kamis 12/01/2017 sempat menyentil peran ASN dalam menjaga dan memelihara kebersihan. “Tugas kebersihan lingkungan bukan hanya tugas para Camat dan Lurah atau Dinas Lingkungan Hidup, tapi menjadi tugas seluruh masyarakat, termasuk di dalamnya ASN Pemkot Manado. Saya dan Pak Wawali Mor Dominus Bastiaan mengajak ASN Pemkot untuk memelopori kebersihan di lingkungan masing-masing.” (fm/fb/mdo)

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Kian Meresahkan Masyarakat, Tim Totosik Amankan 6 Pelaku Balap Liar di Tomohon

Tomohon, Sulutlink.com – Merespon laporan masyarakat terkait adanya balapan liar di jalan raya kompleks perkantoran …