web analytics

AWAM Desak Pemkab Minahasa Segera Cairkan ADD Insetif Perangkat Desa

Ketua AWAM Jefry Uno

Minahasat-Sulutlink.com-Aliansi Wartawan Minahasa (AWAM) mendesak Pemerintah Kabupaten Minahasa segera cairkan ADD untuk pembayaran insentif kepada 3.536 Perangkat Desa di 227 Desa se-Kabupaten Minahasa.

Pasalnya, penghasilan tetap (Siltap) yang menjadi penghasilan Perangkat Desa selama empat bulan, sejak Januari, Februari, Maret dan bulan April belum dicairkan.

Ketua AWAM Jefry Uno dihadapan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Denny Mangala, M.Si, pada Senin (27/04) mengatakan, di masa pandemi covid-19 ini perangkat desa sangat membutuhkan insentif tersebut untuk biaya hidup mereka.

” Bantuan-bantuan yang diberikan oleh Pemerintah tidak diperuntukkan bagi perangkat desa seperti PKH, BPNT, Bantuan Kemensos dan BLT dari DD,” ucap Uno

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Denny Mangala, M.Si, mengatakan, Siltap yang berasal dari Anggaran Dana Desa (ADD), akan segera dicairkan pada Selasa (28/04) besok ke rekening Desa.

“ Untuk Siltap Perangkat Desa memang ada keterlambatan, dikarenakan Siltap tersebut berasal dari ADD, itu berasal dari 10 persen PAD atau Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. sejauh ini pemasukan disektor itu untuk Pemkab Minahasa, belum mencukupi untuk membayar Siltap Perangkat Desa,” terang Mangala yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jeffry Tangkulung, AP. MAP.

Sementara itu Tangkulung menambahakan, untuk pencairan ADD ada kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing Hukum Tua di Kabupaten Minahasa sebelum Siltap dicairkan, Desa tersebut harus memasukkan Laporan Pertanggungjawaban.

“ Tentunya segala kewajiban juga harus dipenuhi oleh Hukum Tua, agar Siltap segera dicairkan ke rekening Desa. Pencairan akan dimulai besok, Selasa (28/04) setelah semua administrasi terpenuhi,” jelas Tangkulung

Terkait dengan hal tersebut Aliansi Wartawan Minahasa mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Minahasa yang terus berusaha memikirkan Kesejahteraan Perangkat Desa. (Qla)

About Prokla

Check Also

Uji Panggung, Tim LPPD Minahasa Mohon Dukungan Doa di Ajang Pesparawi Nasional XIII

MINAHASA, sulutlink.com – Tim LPPD Kabupaten Minahasa yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara mengikuti Uji Panggung …