web analytics

BAGAIMANA CARA BERMAIN BRIDGE ONLINE di BBO

Oleh : Bert Toar Polii
Saat ini Bridge Base Online menjadi topic yang menarik, terutama saat banyak Negara menganjurkan “stay at home”. Situs bermain bridge online yang awal didirikan sejak tahun 1990 oleh Fred Gitelman dan Sheri Winestock dengan nama Bridge Base Online atau popular disebut BBO telah menarik banyak peminat olahraga bridge untuk mencobanya. Apalagi situs bridge sejak didirikan dan dijanjikan oleh pendirinya akan menjadi situs gratis. Pada awalnya hanya ditargetkan menampung 9.999 pemain kini sudah mencapai angka yang fantastis diatas 50.000 pemain yang online pada hari atau jam tertentu.
Beberapa hari yang lalu sempat diberhentikan sementara untuk “maintanace” karena banyak keluhan dari pengunanya karena sudah sering agak sulit untuk diakses.
Di Indonesia juga trend pemain yang bermain bridge online meningkat tajam, terutama ketika Turnamen Bridge Online Play Bridge From Home bisa diikuti 50 tim dari berbagai Propinsi. Padahal turnamen ini hanya mempunyai waktu 3 hari untuk pendaftaran karena pendaftaran dibuka tanggal 26 Maret sedangkan pertandingan dimulai 29 Maret 2020.
Selanjutnya mulai banyak digelar turnamen bridge online dan Klub maupun komunitas bridge membuat latihan bridge secara online.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, penulis mendapat permintaan untuk menulis bagaimana cara agar para pebridge yang belum pernah bermain online bisa ikut bermain.
Langkahnya sangat mudah, anda cukup masuk ke link ini : https://www.bridgebase.com/
Setelah itu dipojok kanan ada tulisan login/register. Nah untuk peserta baru klik ini. Selanjutnya akan muncul masuk untuk yang sudah terdaftar dan menjadi anggota (gratis) untuk peserta baru.
Klik menjadi anggota (gratis) dan nanti muncul daftar yang harus diisi, nama pengguna atau nickname silahkan diisi, contoh penulis mengisi bert_polii lanjutkan isi dengan password yang pilihannya terserah anda. Diikuti kondirmasi password da nisi email. Email wajib diisi karena konfirmasi diterima sebagai pemain yang boleh memanfaatkan BBO dikirim melalui email. Tahap berikut isi nama pengguna atau nama anda sendiri. ACBL member tidak perlu diisi, lainnya juga bebas, misalnya ingin menginformasikan tentang sistim yang digunakan. Silahkan. Dibiarkan kosong juga tidak apa-apa. Tingkat keterampilan juga tidak wajib diisi demikian juga Negara asal. Tapi penulis menganjurkan untuk diisi, misalnya sebagai pemula dan berasal dari Indonesia. Selanjutnya tick saya setuju dan daftar.
Nanti kemudian aka nada email konfirmasi telah diterima dan bisa langsung login.
Jadi karena sudah diterima maka kita tinggal mengisi nama pengguna dan password kemudian tekan masuk maka kita sudah langsung dibawa ke BBO untuk bermain bridge online.
Selanjutnya kita tinggal menikmati, apakah mau bergabung dengan pemain yang ada atas seijin mereka atau membuka meja sendiri. Bisa juga daftar mengikuti turnamen atau bermain dengan robot atau sekedar menonton pemain yang sedang bertanding.
Anda bisa bermain di BBO menggunakan computer, tab dan bahkan handphone juga bisa. BBO bisa di install dari Google Play.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Johny Panambunan Sosbang di Winenet Kecamatan Aertembaga Kota Bitung

  Bitung, Sulutlink.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD,) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Johny …