web analytics

Banjir Kelurahan Papakelan Kabupaten Minahasa 300 Rumah Warga Terdampak, Lontaan: Warga sudah Dievakuasi Ke Gedung SD Papakelan

 

Foto dukomen Kaban BPBD Kabupaten Minahasa NOFRY W. LONTAAN, ST

Sulutlink.com Minahasa – Pada hari Sabtu, 5 November 2022, telah terjadi banjir di Kelurahan Papakelan, Kecamatan Tondano Timur, Kabupaten Minahasa.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa, NOFRY W LONTAAN, ST saat dihubungi media sulutlink.com via WA tadi malam mengatakan bahwa hingga saat ini masih mendampingi Bapak Bupati Minahasa Roy Rorong di lokasi bencana dan saat ini kebetulan tidak ada hujan, kemungkinan besar air berangsur surut,” kata Lontaan.

“Tadi sementara ada penanganan di lokasi bencana dan mendampingi pak Bupati di lokasi. Perkembangan di sekitar lokasi saat ini sudah tidak hujan, kemungkinan besar air berangsur surut.” tulis Lontaan.

Ditanya soal Air Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano dan ada yang dilarikan ke rumah sakit Lontaan, menjelaskan bahwa yang pasti airnya agak naik sebab ada hujan, tapi seiring hujan berhenti pasti surut kembali. Dan terkait warga yang dilarikan ke RS, Lontaan mengklarifikasi bahwa yang dirawat di RS adalah yang memberi pertolongan untuk evakuasi bayi tapi sudah dalam keadaan baik,” jelasnya.

Lanjut Lontaan, Dilokasi sudah ada petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dan dari Puskemas Papakelan. BPBD Kabupaten Minahasa berharap bantuan berupa selimut karena saat ini sedang kosong, dan akan diupayakan besok sambil menunggu bantuan dari BPBD Propinsi.” imbuh Lontaan.

Diketahui, pasca banjir Kelurahan Papakelan Kabupaten Minahasa pada Sabtu 5/11/2022,. pukul 11:00 – 16:00 Wita ada sekira 300 rumah warga terdampak, dan tergenang air berada di Jaga 1, 3 dan Jaga 5. Informasi warga ditepian danau Tondano, hingga berita ini diturunkan belum ada keluhan atau laporan kejadian, tapi data yang disampaikan masih data bersifat sementara.” lugas, Kaban BPBD Kabupaten Minahasa Nofry W Lontaan.

Turut berpartisipasi langsung pada proses evakuasi Banjir Bandang Kelurahan Papakelan Kabupaten Minahasa, diantaranya TNI/POLRI, dan masyarakat. Editor: Karel. SL.

About DeProS Red

Check Also

Apel Akbar Panji Yosua, James Sumendap SH. MH Sampaikan Olly Dondokambey Sebagai Kaisar Panji Yosua

Mitra – sulutlink.com – Apel Raya Panji Yosua – Panglima Panji Yosua Pria Kaum Bapa …