web analytics

Banjir Tahuna : Relokasi Adalah Salah Satu Alternatif Buat Warga Korban Bencana

Kepala BNPB Willem Rampengiley pada kunjungannya di Tahuna Selasa (27/6/2016) ketika meninjau lokasi korban bencana banjir dan tanah longsor mengatakan bahwa departemen terkait harus mengambil langkah-langkah strategis guna menanggulangi dampak bencana yang ada di Tahuna.

 

“Berdasarkan assesment, need assesment, akan dilakukan pemulihan dengan membangun kembali yang lebih aman dan yang lebih baik”, jelasnya. Beliau juga mengatakan bahwa pemerintah sebagai pengayom masyarakat akan memberikan pendampingan kepada warga yang tertimpa musibah. Pendampingan itu prinsipnya adalah bantuan, baik anggaran, teknis maupun peralatan yang akan diberikan pusat kepada daerah.

 

Rampangilei juga mengatakan bahwa BNPB akan mengajak kementerian terkait untuk pemulihan. “Kalau ada sekolah yang rusak, kementerian kebudayaan, pendidikan dasar dan menengah akan diajak, rumah ibadah rusak maka kementerian agama akan diajak, begitu pula dengan yang lainnya”.

 

Kepada bupati Sangihe HR. Makagansa, MSi., mengatakan untuk memikirkan kondisi warga yang tertimpa bencana selama masa pemulihan. “Bagaimana dengan kehidupan mereka sehari-hari, mereka belum bisa bekerja”. Kepada Kepala BPBD Sangihe Ir. Rentje Tamboto beliau juga mengingatkan agar segera memproses hal-hal yang diperlukan pasca bencana di Tahuna. “Segera diajukan, ada anggarannya”, lanjutnya.

 

Beliau juga mengingatkan warga agar melaporkan bilamana ada kekurangan.

Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420

 

About Echel

Check Also

USBF Terapkan Kombinasi Online & F2F di Seleksi Pembentukan Tim USA 2023

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – United States Bridge Federation (USBF) telah memulai seleksi …