web analytics

Banjir Turut Pula Melanda sebagian Area di Tondano

Banjir-Tondano-338dxstuh5zkt2uas4tkay
Suasana banjir di Perumahan Rinegetan, Tondano, Minggu 12/2/2017 (Foto : fiser/fm)

Sulutlink.com – Tondano, Hujan yang beberapa hari ini mengguyur sebagian wilayah di Sulawesi Utara, hal itu pula menyebabkan sebagian area di Tondano ikut dilanda banjir di beberapa lokasi, salah satunya yang terparah di area kampung baru Kelurahan Rinegetan Kecamatan Tondano Barat luapan air mencapai tinggi perut orang dewasa, Minggu (12/2) siang kemarin.

Menurut warga setempat air mulai naik sekira pukul 12.30.00 Wita kemarin siang tadi.

“Air mulai naik sekitar pas kelar ibadah gereja,“ ujar seorang warga setempat.

Atas peristiwa ini Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow (JWS), langsung memerintahkan instansi terkait untuk terjun ke lapangan.

“BPBD, Dinas Damkar, Satpol PP serta SKPD terkait lainya langsung terjun membantu masyarakat yang menjadi korban banjir di Rinegetan,” jelas JWS.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa terlihat terjun berbaur dengan masyarakat di lokasi-lokasi banjir dan membantu melakukan evakuasi.

Bupati segera menginstruksikan agar instansi terkait melakukan investigasi penyebab banjir ini.

Kejadian diprediksi akibat saluran air yang sudah beralih fungsi ataupun tersumbat oleh sampah dan endapan lainnya, dengan itu Bupati segera menginstruksikan agar instansi terkait melakukan investigasi penyebab banjir ini.

“Instansi terkait juga segera buat laporan setelah menemukan penyebab banjir dan konsultasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk mendesain pengerjaan saluran air supaya tidak lagi banjir,” tegas JWS.

Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK turut mengerahkan personil polisi membantu masyarakat yang kena musibah banjir, termasuk mengendalikan arus lalulintas.

“Saya telah perintahkan anggota Polisi untuk terjun ke lokasi banjir dan membantu masyarakat,” ujar Syamsubair.

Peristiwa ini, sesuai laporan yang didapatkan tidak memakan korban jiwa dan para korban hanya mengalami kerugian materil yang dirasakannya. (bjl)

 

About Redaksi 2

Check Also

Presiden Jokowi Serahkan Bonus bagi Atlet Paralimpiade 2020

Sulutlink – Kontingen Paralimpiade Indonesia yang meraih prestasi di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 telah diterima …