web analytics

BBPOM PROSES HUKUM PENGUSAHA KOSMETIK DI MANADO

Manado, Sulutlink.com – Kepala Seksi Inspeksi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Selvi Tarena mengatakan pihaknya melanjutkan ke proses hukum pengusaha kosmetik di Manado usai melaksanakan penertiban.

“Di Manado pengusahanya, kami sudah lanjutkan ke pro justitia karena menemukan produk mengandung bahan berbahaya dan tanpa izin edar,” ujar Selvi di sela-sela penertiban kosmetik di salah satu pusat perbelanjaan di Manado, Kamis.

Saat ini, kata dia, berdasarkan surat edaran Badan POM Kedeputian Dua yang membidangi kosmetik, obat trasdional dan suplemen kesehatan, BBPOM melaksanakan pengawasan ke tempat-tempat yang biasanya ramai dikunjungi warga berbelanja kosmetik di Kota Manado dan Kota Kotamobagu.

“Kami menertibkan kosmetik yang tidak ada izin edarnya, kedaluwarsa atau mengandung bahan berbahaya. Ini sudah kita mulai sejak tanggal 12 Agustus dan akan berakhir hari ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, BBPOM masih memberikan pembinaan kepada pengusaha-pengusaha yang karena kelalaian pemilik atau karyawan tidak memasang tanggal kedaluwarsa.

“Kita berharap mereka tidak lagi mengulangi pelanggaran yang sama akibat kelalaian,” katanya.

Selvi mengatakan, upaya penertiban yang dilakukan hampir dua pekan ini untuk memastikan warga yang menggunakan kosmetik tidak terpapar bahan berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

“Kita pantau terus, kita awasi produk-produk kosmetik yang dijual, kita uji apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak,” ujarnya.

Pada Senin (26/8) BBPOM akan membuka ke publik hasil pengawasan kosmetik yang dilakukan di Kota Manado dan Kota Kotamobagu. (ANT/Ryn)

About Redaksi 2

Check Also

Sekretaris DPRD Sulut Sandra Moniaga dan Jajarannya, Gerak Cepat Salurkan Bantuan Makanan Siap Saji Bagi Warga Terdampak Bencana Pasca Banjir di Manado

  Januari 27.2023.admin: karel tangka   Sulutlink.com – Sekertaris DPRD Sulut Sandra Moniaga dan Jajarannya …