web analytics

Begini Caranya Tangkal Penyadap lewat Mikrofon Komputer

Hacker bisa saja menyerang sebuah komputer dan mengubah microfon internalnya menjadi alat penyadap. Tapi tenang, ada cara mudah untuk mengantisipasi penyadapan seperti ini.

Masih ingat dengan selotip misterius yang dipakai CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk menangkal penyadapan? Anda juga bisa melakukannya, namun dengan sedikit modifikasi yang lebih ampuh.

Zuckerberg, dalam upaya menangkal penyadapan tersebut, memakai selotip untuk menutupi lubang microfon. Cara ini diyakini bisa mengurangi daya tangkap pada “mic” tersebut.

Sayangnya, Zuckerberg keliru. Walau selotip itu bisa mengurangi sensitifitasnya, tapi toh microfon tersebut masih bisa dipakai untuk menyadap suara di sekelilingnya.

Bila ingin lebih aman, seperti dilansir KompasTekno dari Mashable, Minggu (26/6/2016), cobalah cara berikut ini:

1. Earphone yang memiliki mic

Carilah sebuah earphone yang memiliki mic. Anda tidak harus menyediakan earphone baru atau mahal, seadanya saja. Bila sudah mendapatkannya, pasanglah earphone tersebut pada port audio 3,5 mm yang ada di laptop atau komputer Anda.

2. Rusak earphone

Ya, rusak earphone itu. Tapi jangan seluruhnya. Cukup putus kabel yang terhubung ke mic pada earphone tersebut. Biasanya mic disematkan di kabel yang terhubung ke earphone sebelah kanan.

3. Biarkan earphone itu terpasang

Tujuan memutus kabel yang terhubung ke mic memang supaya alat tersebut tidak bisa dipakai untuk menerima suara di sekeliling. Selanjutnya, biarkan earphone dengan mic rusak itu terpasang di laptop Anda.

Dengan cara demikian, hacker tidak akan bisa mengakses mic tersebut. Tentu saja, karena mic yang bisa jadi alat sadap itu sudah rusak.

4. Mengapa bisa demikian?

Cara ini lebih ampuh ketimbang memakai metode Zuckerber yang cuma menempel selotip pada lubang mic internal laptop. Ini berkat cara kerja laptop saat mengenali mic.

Biasanya, saat Anda memasang sebuah earphone yang memiliki mic pada sebuah laptop, maka laptop tersebut otomatis mengubah konfigurasi audio. Input suara yang normalnya berasal dari mic internal berubah jadi berasal dari mic external pada earphone.

Nah, jika earphone rusak itu terhubung, komputer akan tetap mengaturnya sebagai sumber input suara dan tidak otomatis beralih ke mic internal. Karena itulah hacker pun tidak akan bisa menerima suara apapun dari mic eksternal yang rusak.

Namun perlu dicatat, ada saja kejadian ketika hacker berhasil sepenuhnya mengendalikan laptop Anda. Saat hal ini terjadi, maka dia bisa mengubah input audio seenaknya, dari mic eksternal menjadi mic internal.

Tapi jika hacker itu cuma menyerang memakai program otomatis, Anda tidak perlu khawatir karena biasanya program akan cenderung memilih sumber suara yang sudah diatur oleh laptop. (kompas)

1345023traveloka12780x390

About Echel

Check Also

WABUP PYR INGATKAN BEBERAPA HAL PENTING DI RAKORDA REGSOSEK

Minahasa Selatan,Sulutlink.com Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang menghadiri rapat koordinasi Daerah Kabupaten …